DPRD Umumkan Gusmal-Yulfadri sebagai Bupati dan Wakil Bupati Terpilih

id Gusmal-Yulfadri, Pilkada, Solok

Arosuka, (AntaraSumbar) - DPRD Kabupaten Solok secara resmi mengumumkan pasangan Gusmal-Yulfadri Nurdin sebagai Bupati dan Wakil Bupati terpilih Pilkada serentak 9 Desember 2015, dalam sidang paripurna istimewa, Kamis.

Ketua DPRD Kabupaten Solok, Hardinalis Kobal, di Arosuka, Kamis menyebutkan, rapat paripurna istimewa itu diselenggarakan berdasarkan Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 100/140/SJ tanggal 19 Januari 2016, tentang Pengesahan Pengangkatan dan Pemberhentian Gubernur/Wakil Gubernur, Bupati/Wakil Bupati dan Wali Kota/ Wakil Wali Kota.

Berdasarkan surat edaran itu Badan Musyawarah (Bamus) DPRD setempat kemudian mengagendakan rapat paripurna istimewa yang dihadiri 32 anggota DPRD, Penjabat (Pj) Bupati Solok Devi Kurnia, Sekda HM Saleh, unsur muspida dan pejabat SKPD setempat, para Camat, Wali Nagari dan undangan lainnya.

Pasangan Bupati dan Wakil Bupati terpilih Gusmal dan Yulfadri Nurdin diusung oleh Partai Gerindra dan PKS serta PPP sebagai partai pendukung.

Gusmal adalah putra asli Nagari Koto Gadang Guguak, Kecamatan Gunung Talang itu, datang ke acara tersebut sekitar pukul 09.30 wib, mengenakan setelan jas lengkap plus peci, tampak bersahaja didampingi tim sukses setianya serta kedua orang putranya dan sanak keluarga simpatisan lainya.

Sementara Wakil Bupati terpilih Yulfadri Nurdin yang berasal dari Nagari Aia Dingin Kecamatan Lembah Gumanti itu, yang datang hampir bersamaan dengan kedatangan Gusmal, tampak lebih percaya diri dengan menggenakan kemeja lengan panjang berwarna putih.

Gusmal merupakan mantan Bupati Solok periode 2005-2010, sedangkan Yulfadri Nurdin yang pernah juga menjadi Ketua DPC PPP Kabupaten Solok itu, merupakan anggota DPRD Kabupaten Solok periode 2004-2009 dan periode 2009-2014.

Terakhir Yulfadri yang kemudian juga terpilih sebagai Ketua DPW PPP Sumbar itu, terpilih sebagai anggota DPRD Sumbar 2014-2019, dengan jabatan terakhir Ketua Komisi IV DPRD Sumbar sebelum akhirnya mengundurkan diri karena maju sebagai calon Wakil Bupati Solok berpasangan dengan Gusmal sebagai calon Bupati Solok.

Sebelum masuk ruangan sidang, Gusmal Yulfadri yang kembali populer dimata masyarakat Kabupaten Solok dengan slogan "Insya Allah Kita Bersama Lagi" itu, sempat berbaur menjadi satu dengan ratusan pendukung dan para pejabat di lingkungan pemerintah daerah setempat dihalaman luar ruang sidang utama gedung dewan di Arosuka.

Penampilan Bupati - Wakil Bupati Solok terpilih H. Gusmal-Yulfadri saat menghadiri rapat paripurna istimewa itu, tampak sumringah dan berseri-seri, terutama dengan senyum khas Gusmal yang sudah lima tahun belakangan ini dirindukan kembali oleh masyarakat Kabupaten Solok.

" Insya Allah Kita Akan Bersama Lagi dan mari sama-sama kita bangun Kabupaten Solok menjadi yang terbaik dari yang paling baik dengan semangat persatuan dan kesatuan demi terwujudnya masyarakat Kabupaten Solok yang adil makmur sejahtera dan berkeadilan" tutur Gusmal.

Sidang Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Solok yang berlangsung aman tertib dan lancar itu, mendapat pengawalan cukup ketat petugas Kepolisian dari Polres Solok dibawah komando langsung Kapolres AKBP Reh Ngenana.

Selain itu, puluhan anggota Satpol PP setempat, juga ikut menjaga kemanan dan ketertiban sekitar kawasan komplek gedung DPRD Kabupaten Solok di Arosuka. (*)