Paguyuban Sunda Gelar Sarasehan Dengan Pemkot Padang

id PWS Sunda Gelar Sarasehan Pemkot Padang

Paguyuban Sunda Gelar Sarasehan Dengan Pemkot Padang

Paguyuban Warga Sunda Sumatera Barat (Doc Foto PWS Sumbar) (Antara Sumbar)

Padang, 30/1 (Antara) - Paguyuban Warga Sunda (PWS) Sumatera Barat (Sumbar), menggelar pertemuan atau "sarasehan" dengan pemerintah kota (pemkot) Padang di Palanta Kediaman Wali Kota pada Sabtu, dalam rangka persiapan festival akbar etnis tersebut yang akan dihelat Minggu (31/1).

"Pertemuan ini cukup istimewa karena sejumlah tokoh dari ranah pasundan hadir untuk bertemu dengan jajaran pemkot," kata Sekretaris PWS Sumbar, Dani Setiawan, di Padang, Sabtu.

Dia menyebutkan pertemuan tersebut sebagai ajang silaturahmi sejumlah tokoh Sunda seperti "ceu" atau kakak perempuan Popong yang merupakan anggota DPR tertua, tetua warga Pasundan, dengan wakil wali kota serta pejabat dinas lainnya.

Secara eksplisit kata dia, tujuan pertemuan ini untuk meminta restu dan izin dari pemkot untuk menggelar festival akbar sekaligus pengukuhan pengurus PWS Sumbar yang dilaksanakan esok.

Sekaligus juga mengenalkan antara perwakilan yang datang dari pemerintah daerah Sunda yakni Jawa Barat dan Banten dengan pemerintahan kota Padang.

"Secara keseluruhan pertemuan atau "sarasehan" ini juga untuk mengundang partisipasi sekaligus meminta dukungan dari warga Padang untuk suksesnya acara mendatang," katanya.

Ia mengharapkan kegiatan ini dapat rutin dilaksanakan apabila ada perwakilan sunda dari Jawa datang ke Padang, ucapnya.

Sementara itu sebelumnya, Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah mendukung kegiatan festival akbar warga Sunda tersebut di Padang.

Menurutnya ini menjadi bukti bahwa kota Padang memiliki kekayaan budaya nasional yang beragam bukan hanya Minangkabau.

"Dalam hal ini setiap festival yang melibatkan etnis Jawa, Sunda, Batak, bahkan Tionghoa kami mendukung sepenuhnya, selagi kegiatan tersebut dapat memperkaya khasanah budaya di kota Padang," Ucapnya.