Alasan Mentawai Belum Lakukan UNBK 2016

id Mentawai, UNBK, 2016

Padang, (AntaraSumbar) - Kabupaten Kepulauan Mentawai, menjadi satu-satunya daerah di Sumatera Barat (Sumbar) yang tidak melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada 2016 karena keterbatasan sarana penunjang.

"Dari 19 kabupaten dan kota, hanya Mentawai yang belum melaksanakan tahun ini. Ke depan kita akan dorong agar semua daerah melaksanakan UNBK," kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sumbar, Syamsulrizal di Padang, Selasa.

Menurutnya, untuk melaksanakan UNBK memang dibutuhkan sarana penunjang. Karena itu, sebelumnya daerah telah diminta untuk mengalokasikan anggaran untuk pengadaan perangkat yang dibutuhkan.

Rata-rata semua telah menganggarkan, kecuali Mentawai, katanya.

Ketua UN Sumbar, Nasmeri mengatakan pada 2016, ada sekitar 45 sekolah yang akan menggelar UNBK di Sumbar, masing-masing empat SMA, 35 SMK dan enam SMP.

"sebenarnya ada banyak sekolah yang diusulkan, tetapi setelah diverifikasi hanya 45 sekolah yang memenuhi syarat," katanya.

Ia mengatakan, untuk melaksanakan ujian, Dinas Pendikan dan kebudayaan Sumbar menurut dia telah mulai melakukan persiapan, salah satunya dengan melaksanakan Training Of Trainer ( TOT ) bagi teknisi dan operator UNBK kabupaten dan kota.

"TOT telah dilaksanakan pada 22 hingga 24 November 2016 di salah satu hotel di Padang," katanya.

Menurutnya, TOT tersebut bertujuan untuk memberikan pembekalan teknis kepada teknisi di sekolah dan operator kabupaten/kota agar tidak ada masalah saat pelaksanaan UN nantinya.

Sementara untuk jadwal pelaksanaan UNBK, menurut Nasmeri tidak jauh berbeda dengan UN biasanya. Hanya saja pelaksanaannya akan dibagi ke dalam tiga sesi untuk setiap mata pelajaran .

Misalnya untuk ujian pertama itu Bahasa Indonesia, maka akan dibagi tiga sesi pagi, siang dan sore. Begitu juga dengan mata pelajaran lainnya. Sehingga dari pelaksanaan UN biasa akan sedikit lebih lama, terangnya.

UNBK untuk SMA sederajat pada 2016 dijadwalkan 4 April hingga 12 April 2016. Kemudian, ujian susulan diberikan kesempatan 18 April hingga 20 April 2016.

Sementara UNBK SMK sederajat dilaksanakan 4 April hingga 7 April 2016.

UNBK SMP sederajat akan dilaksanakan dari 9 Mei hingga 12 Mei 2016 dan ujian susulan akan dilakukan pada 16 hingga 17 Mei 2016. (*)