Pemkab Mentawai Gelar Festival Pesona Mentawai 2016

id Festival, Pesona, Mentawai

Pemkab Mentawai Gelar Festival Pesona Mentawai 2016

Ilustrasi.

Tuapejat, (AntaraSumbar) - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai akan menggelar Festival Pesona Mentawai 2016 pada 19-21 April.

Bupati Kepulauan Mentawai Yudas Sabaggalet di Tuapejat, Selasa, mengatakan Festival Pesona Mentawai merupakan kegiatan yang pertama kali digelar di daerah tersebut dan sepenuhnya mendapat dukungan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

"Kami sudah melakukan pertemuan dengan pihak Kemenparekraf, dan sudah dilakukan peninjauan terhadap lokasi yang akan menjadi pusat kegiatan tersebut," kata Yudas.

Ia mengungkapkan dari hasil pertemuan dengan Kemenparekraf, pihaknya mendapatkan masukan serta saran terkait seluruh rangkaian kegiatan dan persiapan sarana pendukung yang harus disediakan Pemkab Kepulauan Mentawai.

Ia menjelaskan, dalam kegiatan festival pesona Mentawai tersebut akan dipusatkan di Pantai Mapadegat, Kecamatan Sipora Utara dan akan ditampilkan aktifitas budaya khas Mentawai, kegiatan sehari-hari masyarakat, aktifitas bahari serta atraksi seni dan pameran kebudayaan.

Selain menampilkan kebudayaan Mentawai, pihaknya juga mengundang kabupaten/kota di Sumbar, dan pelaku usaha pariwisata untuk ikut terlibat dalam kegiatan tersebut.

Kepala Dinas Budaya, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Kepulauan Mentawai, Desti Semionora mengatakan kegiatan itu sudah ditetapkan menjadi salah satu agenda tahunan dari Kemenparekraf berdasarkan potensi dan Sumber Daya Alam yang ada didaerah tersebut.

"Kami memberikan apresiasi kepada Kemenparekraf yang bersedia mendukung kegiatan dan menetapkan Festival Pesona Mentawai menjadi salah satu agenda tahunan,' kata Desti.

Ia menilai, festival pesona Mentawai akan memberikan dampak yang positif terhadap perkembangan pariwisata dan mendorong promosi potensi wisata yang ada di daerah itu.

"Akan banyak pihak yang datang dan terlibat dalam kegiatan tersebut, tentunya hal itu memberikan dampak bertumbuhnya ekonomi dan potensi pariwisata daerah tersebut," katanya.

Menyinggung tentang persiapan yang akan dilakukan untuk mendukung kegiatan tersebut, Desti mengatakan, pihaknya saat ini sudah melakukan pendataan tempat penginapan termasuk rumah masyarakata yang bisa digunakan bagi tamu yang datang.

"Untuk penyiapan sarana dan infrastruktur lainnya juga sudah mulai berjalan, mudah-mudahan tahun pertama kegiatan itu menjadi momentum untuk lebih menggiatkan pariwisata Mentawai," katanya. (*)