Gubernur Jabar Janjikan Bangun Pusat Budaya Sunda Sumbar

id paguyubansunda,gedungpusatkebudayaansundasumbar

Padang, 10/1 (Antara) - Gubernur Jawa Barat (Jabar), Achmad Heryawan menjanjikan akan membangun gedung pusat kebudayaan sunda di Provinsi Sumatera Barat pada 2016.

"Saat ini pembangunan telah mendapat respon dari pihak Jabar dan sedang menentukan lahan untuk pembangunan gedung tersebut," kata Sekretaris Paguyuban Warga Sunda (PWS) Sumbar Dani Setiawan, di Padang, Minggu.

Dia menyebutkan alasan keinginan Gubernur Jabar membangun pusat kebudayaan sunda karena melihat potensi yang dimiliki warga sunda di Sumbar.

Berdasarkan diskusi PWS dan gubernur Jabar beberapa waktu lalu, pusat kebudayaan sunda ini nantinya akan menampung semua aspirasi dan segala sesuatu tentang budaya tersebut baik segi adat, kesenian, hingga makanan.

"Saat ini kami telah memiliki warga, aset dan perkumpulan yang memiliki kegiatan rutin," katanya.

Nantinya kesemua warga dan aset yang ada dipusatkan pada satu tempat atau gedung.

Selain untuk warga sunda, pusat kebudayaan ini juga nantinya tempat pembelajaran bagi warga bukan sunda yang ingin kenal dan mempelajari budaya tersebut, semisal mempelajari tari jaipong atau kesenian gamelan.

"Untuk pelaksana kami saja selesai membentuk susunan kepengurusan baru, tinggal saja penguatan organisasi," kata dia.

Nantinya setelah pelantikan pada 31 Januari 2016 akan dirumuskan pelaksana pusat kebudayaan sunda tersebut.

Atau mungkin pengurus PWS sendiri yang langsung menjadi pelaksana sekaligus koordinator dari pusat kebudayaan tersebut, ucapnya.

Dia berharap bila nantinya dibangun perwakilan PWS di provinsi lain dapat mengikuti hal serupa.

Sementara itu salah satu tokoh masyarakat Minang, Musra Dahrizal mengatakan bahwa suatu daerah perlu memiliki pusat kebudayaannya masing-masing.

Tidak hanya di daerah asal, namun juga membuat perwakilan di tempat lain.

Hal ini kata dia, semakin memperkuat nilai kearifan lokal secara nasional. *