Pelabuhan Perikanan Carocok-Tarusan Selesai Akhir 2015

id Pelabuhan, Perikanan, Carocok-Tarusan

Padang, (AntaraSumbar) - Dinas Kelautan dan Perikanan Sumatera Barat mengatakan bahwa pengembangan dan pembangunan Pelabuhan Perikanan Pantai Carocok-Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, akan selesai pada akhir 2015.

"Dana pengembangan dan pembangunan pelabuhan perikanan pantai Carocok-Tarusan sebesar Rp12 miliar dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan akan selesai pada akhir tahun ini," kata Kepala DKP Sumbar Yosmeri di Padang, Jumat.

Sebelumnya, DKP telah melaporkan tentang pelabuhan yang sudah lama tidak dibangun ketika kunjungan Presiden RI ke Sumbar dan kemudian ditinjau. Dari peninjauan tersebut sehingga dibangun pelabuhan yang baru, yang terdapat tempat workshop, perbaikan kantor, menaikkan jalan dan menambah dermaga.

"Ketika pasang pelabuhan perikanan pantai Carocok-Tarusan akan aman. Selama ini ketika pasang air naik ke pelabuhan dengan tinggi air 20 sentimeter tapi sekarang sudah ditinggikan 60 sentimeter," katanya.

DKP Sumbar juga mendorong pemerintah kabupaten/kota yang memiliki perairan laut untuk memacu pembangunan pelabuhan, guna mendorong peningkatan produksi tangkap ikan.

Ia menjelaskan pelabuhan perikanan yang dimiliki pemerintah provinsi di Kecamatan Bungus Padang, Carocok-Tarusan di Pesisir Selatan, dan satu unit di kepulauan Mentawai.

Dengan adanya pelabuhan perikanan di kabupaten/kota yang memiliki perairan, diharapkan bisa mendorong peningkatan produksi potensi perikanan tangkap daerah ini.

Sementara itu, di kawasan Mandeh menjadi central pengembangan budidaya ikan kerapu, budidaya rumput laut, wisata di Mandeh serta pelabuhan yang akan memudahkan nelayan dalam memasarkan dan membeli hasil tangkap ataupun budidaya ikan. (cpw)