Novanto Sampaikan Pesan kepada Ade Komaruddin

id Pesan, Setya Novanto, kepada, Ade Komarudin

Jakarta, (AntaraSumbar) - Mantan Ketua DPR RI Setya Novanto menyampaikan pesan kepada Ketua Fraksi Partai Golkar Ade Komaruddin yang akan menggantikannya sebagai ketua DPR RI.

"Saya berharap, saudara Ade Komaruddin dapat membangun komunikasi yang baik dengan lembaga-lembaga negara, institusi pemerintah, maupun dengan mitra kerja lainnya," kata Setya Novanto di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Jumat.

Novanto menyampaikan pesan tersebut, setelah DPP Partai Golkar hasil Munas Bali yang diketuai Aburizal Bakrie, menunjuk Ade Komaruddin sebagai ketua DPR RI pengganti Setya Novanto.

Setya Novanto mundur dari jabatan ketua DPR RI pada Rabu (16/12) malam, setelah sebagian besar anggota Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD), mengusulkan sanksi sedang yakni pemberhentian dari jabatan ketua DPR RI kepada Setya Novanto, pada sidang MKD di hari yang sama.

MKD melakukan sidang etika terhadap Novanto menyusul pengaduan dari Menteri ESDM Sudirman Said, yang mengadukan Novanto dengan dugaan melakukan pencatutan nama Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla terkait rencana perpanjangan kontrak PT. Freeport Indonesia.

Menurut Novanto, Ade Komaruddin juga diharapkan dapat bekerja sama dengan anggota DPR RI.

Dalam forum rapat paripurna, Novanto juga mengingatkan anggota DPR RI, agar berhati-hati dalam menjalankan tugasnya sebagai wakil rakyat.

"Mudah-mudahan apa yang terjadi pada saya, tidak terjadi pada anggota DPR lainnya," ucapnya.

Pada kesempatan tersebut, Novanto juga menegaskan, dirinya akan mempertanggungjawabkan tindakan yang dilakukannya. (*)