Polda Sumbar Tambah Pengamanan Pilkada Solok Selatan

id Pilkada Solok Selatan

Padang Aro, (Antara) - Kepolisian Daerah Sumatera Barat, menambah satu kompi personel guna memperkuat pengamanan proses rekapitulasi suara di Kabupaten Solok Selatan, pasca-terjadinya kericuhan di Kecamatan Sangir.

"Guna pengamanan proses rekapitulasi kita menambah satu kompi Brimob di Solok Selatan, dan jika masih kurang kita tambah lagi," kata Kapolda Sumbar, Brigjen Pol Bambang Sri Herwanto, saat melakukan tinjauan ke Solok Selatan, di Padang Aro, Senin.

Ia mengatakan, setiap tahapan pilkada pasti ada potensi kerawanan, meskipun sejak tahapan hingga pencoblosan tidak ada masalah.

Ketika masuk penghitungan suara katanya, banyak pihak-pihak yang melakukan penghitungan melalui quikcount maupun realcount sehingga banyak wacana tentang hasil suara itu.

"Penghitungan suara oleh siapa pun itu boleh-boleh saja, tetapi hasilnya tidak bisa dipertanggung jawabkan karena hasil yang sah adalah yang ditetapkan oleh KPU," katanya.

Dikatakannya, penghitungan melaui quickcout dan semacamnya oleh pihak lain selain KPU hanya sebagai penghitungan cepat yang menggambarkan secara cepat tetapi tingkat erornya juga ada.

"Setiap paslon dan timnya harus mengikuti proses penghitungan dengan baik sampai akhir dan jangan berproses sendiri," katanya.

Sementara itu, Ketua KPU Solok Selatan Isyuliardi Maas mengatakan, pasca-kericuhan saat rekapitulasi di Kecamatan Sangir sekarang prosesnya kembali dilanjutkan oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Sangir.

"Proses rekapitulasi semalam dihentikan karena adanya kericuhan, dan hari ini PPK kembali melakukan proses rekapitulasi hasil pencoblosan," katanya.

Untuk Kecamatan Sangir katanya, saat ini hanya tersisa satu nagari lagi yaitu Lubuak Gadang dari empat nagari yang ada.

"Kita berharap proses rekapitulasi hari ini berjalan aman dan lancar sehingga proses rekapitulasi tingkat kabupaten juga bisa dilaksanakan sesuai jadwal," katanya.

Saat ini berdasarkan hasil realcount yang dirilis KPU, pasangan Muzni-Rahman unggul 409 suara dari lawannya Khairunas-Edi Susanto. (*)