KPU Pasaman Tunggu Scanning C1 untuk Dipublis

id KPU, Publikasi, Hasil, Pilkada

Lubuk Sikaping, (AntaraSumbar) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasaman masih menunggu scanning dokumen sertifikat penghitungan suara tingkat TPS (Form C1), untuk dipublik ke pada masyarakat melalui website KPU setempat.

Ketua KPU Pasaman, Jajang Fadli di Lubuk Sikaping, Rabu, mengatakan, untuk transparansi dan keterbukaan informasi publik, pihaknya akan mempublis form C1 tersebut di website KPU Pasaman, dengan situs kpud-pasamankab.go.id, dan satu staf telah disiagakan 24 jam untuk melakukan posting formulir tersebut, jika ada yang masuk dari setiap TPS di kabupaten ini.

"Kami telah menyanggupi untuk memberikan keterbukaan informasi terhadap publik, dengan mendorong kerja keras seluruh komponen KPU mulai dari KPPS, PPS dan PPK sehingga semua data itu bisa dikumpulkan secepatnya di KPU, untuk dilakukan pindai formulir C1," katanya.

Ia menambahkan, scanning formulir C1 atau hasil rekaman pencoblosan pemungutan suara pada setiap TPS tersebut, dari pengalaman pemilihan legislatif dan pemilihan presiden baru dapat disajikan setelah H+4, namun, perkembangan teknologi menuntut penyelenggara pemilu untuk bisa bekerja kecepatan dan tepat, maka instruksi dari KPU Pusat, diminta H+2 hasil scan formulir C1 sudah bisa ditayangkan di websait KPU.

Untuk dapat menampilkan pindai formulir C1, KPU Pasaman optimistis dapat dilakukan secepatnya, dengan tidak memasukan satu kecamatan, yaitu Kecamatan Mapat Tunggul Selatan, karena jarak yang sangat jauh.

Saat ini, KPU Pasaman memiliki dua unit peralatan pindai ditambah pindai pada mesin pencetak atau "printer" sebanyak lima unit. Dengan teknologi seadanya itu, KPU Pasaman akan melakukan pindai formulir C1 terhadap 186.760 jiwa yang tersebar pada 641 TPS di 37 nagari.

Sementara itu, untuk rekapitulasi perhitungan suara secara manual, KPU Pasaman, masing menunggu rekapitulasi tingkat kecamatan yang akan dimulai satu hari setelah hari pencoblosan, atau Kamis (10/12).

"Untuk penghitungan suara, kami masih menunggu rekapitulasi di tingkat kecamatan, yang baru dimulai besok (Kamis, 9/12), sehingga data yang kami dapatkan akan valid, dan dapat kemudian di plenokan di tingkat KPU kabupaten," jelasnya.

Sehubungan dengan itu, KPU Pasaman sendiri dalam pilkada serentak 2015 telah menargetkan partisipasi pemilih mencapai 80 persen, jumlah pemilih di daerah tersebut menjadi 187.147 jiwa.

Jumlah pemilih tersebut berdasarkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) yakni 186.760 jiwa ditambah DPTB-1 yang berjumlah 387 orang.

Pilkada didaerah itu, diikuti dua pasangan calon bupati dan wakil bupati, yakni pasangan nomor urut satu, Benny Utama-Daniel, dan pasangan nomor urut dua Yusuf Lubis-Atos Pratama. (*)