Sabtu, 21 Oktober 2017 - 31 Muharram 1439 H

ICMI Ingin Manajemen Masjid Berbasis Teknologi Informasi

Padang, (AntaraSumbar) - Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Kota Padang menggelar seminar pemantapan manajemen masjid berbasis teknologi informasi (TI) dalam rangka memaksimalkan fungsi masjid bagi masyarakat setempat.

"Kegiatan ini dilatarbelakangi untuk mensinergikan kembali fungsi masjid sehingga tidak hanya menjadi tempat kegiatan agama seperti pelaksanaan shalat saja," kata ketua pelaksana seminar, Rais di Padang, Senin.

Ia mengatakan, melalui pemanfaatan manajemen berbasis TI, selain menjadi tempat ritual keagamaan, masjid juga diharapkan dapat menjadi pusat kegiatan lainnya yang bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

Masjid diharapkan dapat dijadikan sebagai pusat kegiatan dakwah hingga perekonomian melalui pemanfaatan teknologi informasi tersebut.

"Untuk memaksimalkan peran masjid yang berbasis teknologi informasi, kami menggandeng PT Telkom Indonesia wilayah Sumbar yang bersedia memberikan fasilitas untuk mengembangkan proyek tersebut," ujarnya.

Ia menyebutkan, salah satu contoh pemanfaatan teknologi informasi dalam manajemen masjid yaitu menghubungkan setiap informasi kegiatan di setiap masjid melalui jaringan internet sehingga diharapkan dapat meningkatkan jumlah masyarakat yang datang ke masjid.

"Idealnya masjid tidak hanya sebagai tempat ibadah namun menjadi pusat kegiatan masyarakat. Di Padang sudah ada koperasi masjid, majelis taklim hanya saja masih dikelola secara sederhana," tambahnya.

Sekretaris ICMI Padang, Guswardi mengatakan, melalui seminar tersebut diharapkan pengurus masjid di Padang dapat mengelola masjid secara lebih baik sehingga tidak hanya menjadi pusat kegiatan agama, namun juga menjadi pusat pemberdayaan masyarakat.

"Dengan penerapan teknologi informasi, diharapkan pula dapat menjadi pusat informasi bagi masyrakat di mana setiap kegiatan di masjid dapat diakses dengan mudah," ujarnya.

Ia mengungkapkan, untuk realisasi penerapan TI tersebut, ICMI mendorong pihak ke tiga untuk memfasilitasi.

"Kami targetkan, dari 100 masjid yang diundang akan dipilih satu hingga dua masjid di setiap kecamatan sebagai percobaan di mana pemilihan masjid tersebut ditentukan oleh pihak Telkom atas berbagai kriteria seperti lokasi masjid dan sarana pendukung lainnya," katanya. (cpw)

Editor : Joko Nugroho

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Atman Ahdiat
Semangat Pemerintah Daerah Sumatera Barat untuk memacu pertumbuhan di sektor pariwisata terpancar pada Forum Investasi Regional ...
Baca Juga