Paguyuban Sunda Padang Miliki Ketua Baru

id Paguyuban Sunda Padang

Padang, (Antara) - Paguyuban Warga Sunda (PWS) Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) resmi memiliki ketua baru untuk periode 2015 hingga 2019.

"Jaing Mulyadi terpilih secara aklamasi menjadi ketua Paguyuban Warga Sunda (PWS) Padang melalui musyawarah mufakat bersama ratusan warga sunda pada Minggu 6 November 2015," kata Ketua PWS Sumbar Aji Rukmana, di Padang, Senin.

Dia menyebutkan sebelum menjabat ketua PWS Padang Jaing Mulyadi merupakan wakil ketua pada periode sebelumnya 2011 hingga 2015.

Terpilihnya Jaing sebagai ketua ini kata dia, karena kontribusinya dalam mengembangkan kebudayaan Sunda di ranah Minang termasuk dalam akulturasi dengan berbagai budaya lainnya.

Kontribusi tersebut kata dia, telah dilihat dan dirasakan oleh warga Sunda di Padang sehingga memilihnya secara aklamasi.

"Setelah terpilih ini Jaing akan segera mengumumkan kepengurusannya," katanya.

Selain kepengurusan di PWS Padang, saat ini telah terpilih juga ketua PWS pada enam kabupaten dan kota di Sumbar seperti Bukittinggi, Lima Puluh Kota dan Sawahlunto.

Diharapkan kata dia kepengurusan 13 kab dan kota lainnya dapat segera menyusul terbentuk, ucapnya.

"Pengurus PWS Sumbar dan kab atau kota akan dikukuhkan secara resmi pada 24 Januari 2016 mendatang di Padang," kata dia.

Dalam kegiatan tersebut kata Aji, pihaknya akan mengundang seluruh warga Sunda yang tinggal di Sumbar.

Selain itu juga untuk memeriahkan kegiatan akan dilaksanakan pentas seni dan akulturasi budaya.

Disamping juga ikut mengundang tokoh masyarakat dan Pemerintah Daerah Padang dan Sumbar, ujarnya.

Sementara itu Gubernur Jawa Barat, Achmad Heryawan yang dihubungi PWS mengapresiasi telah terbentuknya kepengurusan PWS baru tersebut.

Dia berharap kepengurusan baru tersebut mampu menjalankan tugas dan kewajibannya dengan baik.

Dia berjanji akan selalu mendukung setiap kegiatan yang dilakukan PWS baik dalam bentuk moril atau materil. (*)