KPU Pariaman Adakan Kuis Tingkatkan Partisipasi Pemilih

id KPU Pariaman Adakan Kuis

Pariaman, (Antara) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pariaman, Sumatera Barat, mengadakan kuis interaktif dengan masyarakat setempat untuk meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) 9 Desember 2015.

Koordinator Divisi Hukum KPU setempat, Aisah di Pariaman, Jumat, mengatakan pihaknya telah mengadakan kuis tersebut melalui Radio Republik Indonesia (RRI) dan media sosial Facebook.

"Tujuan kuis untuk memacu partisipasi pemilih agar menggunakan hak politiknya pada Pilkada nanti," kata dia.

Kuis interaktif yang disiarkan melalui RRI setempat diadakan oleh KPU sebanyak tiga kali dalam sehari, dimana kuis tersebut telah dimulai pada 15 hingga 22 November 2015.

Sedangkan kuis melalui media sosial Facebook, KPU setempat melaksanakannya pada 12 November hingga 5 Desember 2015.

Ia menyebutkan pertanyaan yang diberikan pihak KPU setempat mencakup tentang persoalan pemilihan umum yang telah berlangsung maupun berbagai tahapan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur yang akan datang.

Selain mengadakan kuis interaktif pihaknya juga telah mengadakan berbagai kegiatan lain untuk meraup partisipasi pemilih Pilkada.

"Kegiatan sebelumnya yang telah kita adakan seperti sepeda santai, ciloteh lapau, ngobrol pemilu, dan pertandingan futsal," ucap dia.

Sementara itu, Koordinator Divisi Teknis KPU setempat, Arnaldi Putra mengatakan untuk mendorong partisipasi pemilih perlu banyak cara yang harus dilakukan, salah satunya mengadakan kuis interaktif.

Ia menilai dengan diadakannya berbagai kegiatan yang bersifat persuasif diharapkan partisipasi pemilih meningkat pada pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

Tahap sosialisasi sendiri akan diadakan oleh KPU setempat sampai H-3 menjelang 9 Desember. "Pada masa tenang kita tidak ada lagi proses sosialisasi ke masyarakat," tambahnya. (*)