Plh Bupati: Camat Koordinasi Terkait Bencana Alam

id Penanggulangan, Bencana, Agam

Lubuk Basung, (AntaraSumbar) - Pelaksana harian (Plh) Bupati Agam Syafirman mengimbau kepada seluruh camat agar berkoordinasi dengan intansi terkait saat longsor, banjir dan lainnya melanda daerah itu pada curah hujan tinggi.

"Segera melakukan koordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Agam, Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Trasmigrasi dan Dinas Pekerja Umum," katanya di Lubuk Basung, Kamis.

Ia menambahkan, koordinasi ini dilakukan agar intansi terkait mengerahkan personil, alat berat, makanan dan lainnya.

Dengan cara ini, maka bencana banjir, longsor dan bencana lainnya bisa teratasi dan masyarakat bisa melakukan aktivitas.

Selain itu, korban juga mendapatkan bantuan makanan, minuman, pakaian dan lainnya.

"Ini yang kita inginkan, sehingga jalan yang tertimbun longsor bisa dilalui kendaraan, masyarakat yang menjadi korban tidak kesulitan mendapatkan bantuan makanan," katanya.

Kepala BPBD Agam, Bambang Warsito, menambahkan, daerah berpotensi terkena banjir kiriman seperti, Labuhan, Subang-subang, Tiagan di Kecamatan Tanjuang Mutiara, Pasar Durian, Kurao di Kecamatan Lubuk Basung.

Sementara bencana longsor terjadi di Matur, Malalak, Palupuh, Palembayan dan lainnya. Daerah ini merupakan rawan banjir dan longsor apabila curah hujan tinggi melanda daerah Agam beberapa hari.

"Kami tetap waspada menghadapi segala kemungkinan terjadi bencana banjir dan longsor. Mudah-mudahan tidak sampai terjadi apa yang kita khawatirkan tersebut," katanya.

BPBD Agam, katanya, telah bersiaga dalam menghadapi segala kemungkinan bencana banjir dan longsor ini terjadi.

Selain itu, melakukan koordinasi dengan pemerintah kecamatan dalam memberitahukan bencana banjir dan longsor.

"Saya akan mengerahkan anggota Satgas ke lokasi apabila terjadi banjir dan longsor," tegasnya. (*)