Polda Kerahkan 10 Kapal Patroli Amankan Laut

id Polda

Padang, (Antara) - Kepolisian Daerah Sumatera Barat, mengerahkan 10 kapal patroli setiap hari untuk menyisir perairan laut yang dianggap rawan tindak kejahatan di wilayah hukumnya.

"Selain melakukan patroli rutin, kita juga memberdayakan masyarakat nelayan setempat untuk memberikan informasi tentang pelanggaran yang terjadi di perairan," kata Dirpolair Polda Sumbar, Kombespol Isnanta Tri Nugraha didampingi Wadirpolair Polda Sumbar, AKBP A. Azas Siagian di Padang, Kamis.

Ia mengatakan pengerahan 10 kapal patroli merupakan tugas rutin sebagai upaya pencegahan serta penindakan terhadap tindakan kriminal di perairan.

"Selain itu kami juga memberdayakan masyarakat nelayan dengan harapan mereka langsung memberikan informasi apabila menemukan adanya tindakan yang melanggar hukum," jelasnya.

Ia melanjutkan pada 2015 pihaknya telah menangani 12 kasus, lima di antaranya penangkapan ikan secara liar dan tujuh lainnya karena kapal tidak memiliki dokumen resmi.

"Hingga kini kami belum melakukan penenggelaman kapal karena belum ada indikasi kasus yang mengarah ke sana," ujarnya.

Ia juga mengimbau masyarakat nelayan untuk berperan serta dalam melakukan pengawasan.

"Tentu kami tidak bisa sendiri dan kami membutuhkan informasi dari masyarakat nelayan," kata dia.

Ia juga mengimbau nelayan melengkapi dokumen-dokumen pelayaran dan kelengkapan lainnya.

"Selain dokumen administrasi, perlengkapan pelampung juga harus disiapkan untuk mengurangi kerugian apabila terjadi hal yang tidak diinginkan," kata dia. (*)