Genta Andalas Unand Gelar Sumarak Jurnalistik 2015

id Genta Andalas Unand

Padang, (Antara) - Unit Kegiatan Pers Mahasiswa (UKPM) Genta Andalas Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumatera Barat (Sumbar) menggelar kegiatan Sumarak Jurnalistik 2015 pada 23 hingga 29 November 2015.

"Kegiatan bersifat nasional dan merupakan yang kedua dilaksanakan ke depan akan menjadi agenda rutin Genta Andalas tiap tahunnya," kata Ketua Panitia Kegiatan, Lailatul Sri di Padang, Selasa.

Dia menyebutkan kegiatan ini terbagi atas dua bagian yakni Seminar nasional pada senin 23 November 2015 lalu bersama aktor Kemal Palevi.

Serta kegiatan pelatihan jurnalistik nasional mulai 24 November hingga 29 November 2015.

"Tujuan digelarnya kegiatan ini untuk memperkuat keilmuan dari mahasiswa tentang jurnalistik serta mempererat tali silaturahmi antar sesama," katanya.

Dalam kegiatan ini khususnya pelatihan jurnalistik diikuti oleh 28 perwakilan UKPM beberapa Universitas di Indonesia.

Kesemua peserta tersebut dikumpulkan dalam Mess Unand dan diinapkan selama enam hari untuk mengikuti berbagai kegiatan.

Kegiatan tersebut antara lain pelatihan penulisan artikel, pembuatan berita, pengambilan foto dan video jurnalistik.

Selain itu peserta juga mengikuti beberapa seminar dan workshop dengan menghadirkan pembicara yang berkompeten dalam bidangnya.

Disamping itu, peserta juga berkesempatan bertukar pikiran dan saling silaturahmi dalam beberapa dialog kejurnalistikan, ucapnya.

"Sumarak Jurnalistik ini menjadi salah satu bukti peran Genta Andalas dalam mengenalkan sekaligus memperkuat eksistensi dunia jurnalis di tataran mahasiswa," katanya.

Sementara itu Wakil Rektor III Unand Aprisal mengapresiasi kegiatan Sumarak Jurnalistik ini sebagai salah satu kreatifitas berharga mahasiswa.

Menurutnya dunia jurnalis atau kewartawanan saat ini menjadi isu yang bagus untuk diangkat dalam beberapa seminar atau pembicaran terutama pada generasi muda, ucapnya. (*)