Pemkab Agam Bantu Lima Perpustakaan Rp65 Juta

id Pemkab Agam

Lubuk Basung, (Antara) - Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat, memberikan bantuan sebesar Rp65 juta kepada lima perpustakaan untuk pengembangan dan meningkatkan minat baca masyarakat.

Kepala Kantor Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Agam, Muhammad Arsyid di Lubuk Basung, Selasa, mengatakan kelima perpustakaan itu yakni Pustaka Kecamatan Ampek Koto, Pustaka Kecamatan Tanjung Mutiara, Pustaka Kecamatan Kamang Magek.

Selanjutnya, Pustaka Nagari Duo Koto Silungkang Kecamatan Palembayan, Pustaka Masjid Jamiak Nagari Kapau Kecamatan Tilatang Kamang.

"Masing-masing pustaka mendapatkan bantuan sebesar Rp13 juta. Dana ini dipergunakan untuk membeli buku dan rak buku," katanya.

Ia menambahkan, ini merupakan bantuan hibah untuk taman baca yang berasal dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) pada 2015.

Bantuan hibah ini untuk mengembangkan pustaka dengan tujuan agar minat baca masyarakat Kabupaten Agam meningkat, sehingga mereka menjadi orang pintar.

Ini sesuai dengan program Ayo Gerakan Agam Membaca (AGAM) dari Pemkab Agam. "Ini juga bentuk kepedulian pemerintah untuk mencerdaskan anak bangsa," katanya.

Ia mengatakan, bantuan ini merupakan yang kedua kalinya, karena pada 2014 Pemkab Agam memberikan bantuan untuk lima pustaka.

Kelima pustaka itu yakni Pustaka Kecamatan Lubuk Basung, Pustaka Kecamatan Tanjung Raya, Pustaka Banuhampu, Pustaka Tilatang Kamang dan lainya.

"Setiap pustaka menerima sebanyak 194 eksemplar buku dengan 66 judul," katanya.

Salah seorang pengurus Pustaka Nagari Duo Koto, Irma, mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Agam atas bantuan yang diberikan untuk pengembangan pustaka tersebut.

"Kami mengucapkan terima kasih atas bantuan ini, karena dengan bantuan ini buku bacaan di pustaka tersebut menjadi bertambah," katanya. (*)