Ruby Tuai Hasil Negatif di Dua Babak

id Catur, Porwil, Sumbar

Belitung, (AntaraSumbar) - Pecatur andalan Sumatera Barat (Sumbar) Ruby Tamono menuai hasil negatif pada babak lima dan enam catur perorangan klasik/standar Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Sumatera IX 2015 di Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung.

Sempat memimpin klasemen perolehan poin sejak hari pertama dan kedua, namun pada hari ketiga (Kamis 19/11), Ruby hanya mampu meraih poin 0,5, hasil satu kali kalah melawan Hudallah dari Jambi dan bermain imbang dengan pecatur tuan rumah Bangka Belitung, Anasrullah dibabak ke- enam.

Hasil tersebut membuat posisi Ruby dari peringkat satu u terlempar ke posisi empat besar dengan poin 4,5, sementara Hudallah dari Jambi berhasil memimpin perolehan poin dengan nilai lima.

Ruby mengakui, pada babak ke-lima melawan Hudallah, dirinya melakukan blunder dengan mengorbankan menteri di langkah 35.

"Di babak lima, kami lengah, pengorbanan dari menteri tidak membuahkan hasil," katanya.

Hal yang sama juga lanjut Ruby, juga terjadi dibabak enam, ia tidak mampu meghasilkan poin kemenangan pada langkah 60 dan bermain remis dengan pecatur Babel.

Lebih lanjut Ruby mengatakan, pada babak tujuh ia akan berhadapan dengan salah satu pecatur unggulan Kasmiran dari Sumatera Selatan. Pada babak itu katanya merupakan pertandingan sakral, karena lawannya juga sama-sama memiliki poin 4,5.

"Jika bisa mengalahkan Kasmiran, tentunya ada peluang untuk bisa meraih medali emas," katanya.

Hal yang sama juga dikatakan Pelatih Tim Catur Sumbar Azraf Zawir, ia mengungkapkan, kunci untuk bisa meraih medali emas pada nomor catur perorangan sekarang ada pada Ruby, jika pecatur tersebut bisa bangkit dan meraih poin maksimal di tiga pertandingan sisa maka medali emas akan jadi milik Sumbar.

"Mudah-mudahan tiga poin bisa diraih," katanya. (*)