Pemerintah Bantu Mesin Tempel Nelayan Agam

id Pemerintah, Nelayan, Agam

Lubuk Basung, (AntaraSumbar) - Pemerintah Kabupaten Agam memberikan bantuan mesin tempel sebanyak 11 unit kepada nelayan yang tergabung pada Kelompok Usaha Bersama (KUBE) di Kecamatan Tanjung Mutiara.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Agam, Ermanto di Lubuk Basung, Senin, mengatakan 11 unit mesin tempel ini terdiri dari yakni, mesin tempek 10 Pk sebanyak 10 unit dan mesin tempel 15 PK sebanyak satu unit.

"Bantuan mesin tempel dengan merek Yamahan ini akan kami serahkan dalam waktu dekat kepada nelayan," katanya.

Ia menambahkan, bantuan mesin tempel dengan dana sekitar Rp184,7 juta yang berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) 2015.

Ia menambahkan, mesin motor tempel ini akan diperuntukan bagi nelayan Tiku Kecamatan Tanjung Mutiara, masih menggunakan dayung untuk berlayar dalam mencari ikan.

"Ini dalam rangka motorisasi alat tangkap ikan, karena selama ini mereka mengunakan dayung atau layar untuk ke laut. Dengan cara ini, mereka dengan mudah ketengah laut untuk menangkap ikan," katanya.

Saat ini, tambah dia, sekitar 65 nelayan masih menggunakan dayung untuk berlayar dan pihaknya menargetkan dalam tahun depan, ke 65 nelayan ini telah memiliki mesin motor tempel.

"Ini target kami, sehingga nelayan dengan mudah menuju lokasi tempat menangkap ikan," katanya.

Agam memiliki garis pantai sepanjang 43 kilometer, memiliki sebanyak 442 unit alat tangkap dengan rincian yakni, payang sebanyak 39 unit, pukat pantai sebanyak 45 unit.

Lalu, jaring insang atau tramel net sebanyak 95 unit, bagan sebanyak 18 unit, pancing tonda sebanyak 39 unit dan pancing lainnya sebanyak 206 unit.

Sementara jumlah nelayan sebanyak 2.780 orang yang terdiri dari nelayan penuh sebanyak 1.689 orang, nelayan sambilan sebanyak 561 orang dan nelayan perairan umum sebanyak 530 orang.

Salah seorang penerima bantuan, Sadiwarman, mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Agam yang telah memberikan bantuan, sehingga mempermudah pihaknya untuk melaut.

"Saya mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Agam yang telah memberikan bantuan dan bantuan ini akan saya pelihara dengan baik. (*)