Indonesia Terpilih Sebagai Anggota Dua Badan Subsider Unesco

id Badan Subsider Unesco

London, (Antara) - Indonesia terpilih sebagai anggota pada dua badan subsider Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Budaya Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO) yaitu pada International Co-ordinating Council of the Man and the Biosphere Programme (MAB) dan pada Headquarter Committee.

Terpilihnya Indonesia sebagai anggota dua badan subsider UNESCO itu diumumkan di sela-sela rangkaian Sidang Umum ke-38 Badan PBB yang mengurus pendidikan budaya dan ilmu pengetahuan yang berlangsung sejak 3 hingga 18 November mendatang.

Duta Besar/Wakil Delegasi Tetap RI untuk UNESCO, T.A Fauzi Soelaiman kepada Antara London, Sabtu mengatakan dengan terpilihnya Indonesia disini dapat dilihat kepercayaaan dunia dan negara sahabat terutama dari negara-negara Asia Pasifik terhadap Indonesia.

Dalam kedua badan ini, kiprah Indonesia, bersama beberapa negara lain merupakan hasil diplomasi dan kerjasama yang erat antara negara-negara Asia Pasifik di UNESCO, ujarnya.

Man and the Biosphere Programme (MAB) merupakan salah satu program UNESCO yang bertujuan untuk menjaga hubungan antara manusia dan lingkungan sekitarnya. Program MAB memfokus pada kearifan manusia dalam pemanfaatan berkelanjutan dari sumber daya alam dengan mendorong penelitian interdisipliner dan penyuluhan mengenai lingkungan, termasuk pengembangan kebijakan mengenai pemanfaatan keanekaragaman hayati.

Adapun Headquarter Committee adalah komisi yang mengurus hal-hal yang terkait dengan manajemen pengelolaan kantor pusat UNESCO di Paris, Prancis.

Dengan terpilihnya Indonesia pada kedua Badan Subsider tersebut, Indonesia memiliki dua tugas baru di UNESCO hingga tahun 2019. Kesibukan delegasi Indonesia dalam kancah internasional tetap tinggi dan bertambah, khususnya di UNESCO untuk empat tahun ke depan.

Sementara itu, saat ini Indonesia masih menjadi anggota pada tiga badan subsider UNESCO yang lain, yaitu pada International Hydrological Programme (IHP), Management of Social Transformation (MOST), dan Intergovernmental Committee for Physical Education and Sport (CIGEPS). (*)