SMPN-5 Lubuk Basung Gelar Latihan Dasar Kepemimpinan

id Gelar Latihan Dasar Kepemimpinan

Lubuk Basung, (Antara) - Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 5 Lubuk Basung, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, mengadakan latihan dasar kepemimpinan yang diikuti puluhan peserta utusan sekolah tingkat SMP dan MTs di daerah itu.

Ketua Pelaksana Latihan Dasar Kepemimpinan, Jumlawati di Lubuk Basung, Sabtu, mengatakan kegiatan ini berlangsung selama dua hari dimulai pada Jumat (23/10) hingga Sabtu (24/10).

"Peserta latihan dasar kepemimpinan ini berasal dari 13 SMP dan MTs yang ada di Kecamatan Lubuk Basung, Tanjung Raya, Tanjung Mutiara dan Ampek Nagari," katanya.

Ia menambahkan dasar kegiatan ini karena banyak anak yang ikut berorganisasi. Sementara bekal mereka belum ada karena mereka baru tamat Sekolah Dasar (SD).

Untuk itu SMPN 5 Lubuk Basung menggelar latihan dasar kepemimpinan kepada siswa dan dana pelaksanaan ini berasal dari Komite SMPN 5 Lubuk Basung dan Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

Sementara itu Kepala SMPN 5 Lubuk Basung, Syafri Effendi menambahkan kegiatan ini merupakan agenda tahunan SMPN 5 Lubuk Basung untuk melahirkan para pemimpin masa depan di Kabupaten Agam.

"Dengan pelatihan ini saya berharap peserta akan menjadi pemimpin yang cakap dan pengurus OSIS yang andal di sekolah masing-masing," katanya.

Ketua DPD KNPI Kabupaten Agam, Rizki Abdillah Fadhal yang tampil sebagai narasumber berharap program ini berlanjut setiap tahunnya dan pihaknya akan mendukung kegiatan tersebut.

"Saya mendukung kegiatan ini karena telah membantu KNPI dalam pembinaan calon pemimpin masa depan," katanya.

Kepala Bidang Kepemudaan dan Kesiswaan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Agam, Khairul Koto, mengapresiasi kegiatan ini dan mengucapkan penghargaan yang tinggi kepada SMPN 5 Lubuk Basung.

"Kita mengapresiasi kegiatan ini karena kegiatan tersebut sangat penting bagi siswa sebagai bekal dalam menjalani hidup di masa depan," tambahnya. (*)