Bupati: Kuliner-Danau Maninjau Daya Tarik Agam

id Daya Tarik Agam

Lubuk Basung, (Antara) - Bupati Agam, Sumatera Barat, Indra Catri mengatakan ragam kuliner dan keberadaan Danau Maninjau merupakan daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk berkunjung ke daerah itu.

"Kita memiliki berbagai macam kuliner seperti, itik lado hijau, kolak labu, gulai ikan hiu, peyek rinuak dan lainnya. Kita juga memiliki Danau Maninjau yang memiliki pemadangan yang indah dari puncak lawang," kata Indra Catri saat penyerahan hadiah pemenang Tour de Singkarak (TdS) pada etape delapan di Lawang Park, Sabtu.

Sayang, kata bupati, saat ini tidak bisa dinikmati dengan baik akibat kabut asap melanda Kabupaten Agam, sehingga keindahan Danau Maninjau tidak kelihatan.

Namun pihaknya berharap kabut asap ini segera hilang, sehingga keindahan danau vulkanik itu terlihat jelas dan menjadi daya tarik bagi wisatawan domestik dan mancanegara untuk berkunjung ke Kabupaten Agam.

Pada 2015, pihaknya menargetkan jumlah kunjungan wisatawan nusantara maupun mancanegara sekitar 500.000 orang.

Selama ini jumlah kunjungan wisatawan ke Agam mengalami peningkatan setiap tahun. Pada 2014 jumlah kunjungan sebanyak 392.318 wisatawan nusantara dan sebanyak 28.146 wisatawan mancanegara.

Sementara 2013 sebanyak 308.740 wisatawan nusantara, sebanyak 20.733 wisatawan mancanegara, pada 2012 sebanyak 252.510 wisatawan nusantara dan sebanyak 19.006 wisatawan mancanegara.

Indra Catri berharap agar TdS ini dilantjutkan pada tahun depan, karena dampaknya sangat besar untuk mempromosikan objek wisata di Sumbar.

"Saya sangat mendukung pelaksanaan ini," tegasnya.

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sapta Nirwadar menambahkan, pelaksanaan TdS selama ini sangat didukung oleh masyarakat.

"Mudah-mudahan kegiatan ini bisa dilanjutkan tahun depan," katanya.

Pada etape delapan dari Pasaman Menuju Puncak Lawang, Kabupaten Agam, Ahad Kazemi Sarai dari Tabriz Petrochemical Team (TPT) Iran menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 3:27:14.

Sementara posisi ke dua direbut oleh Arvin Moazemi Goudarzi dari Pishgaman Yazd (PKY) Iran dengan catatan waktu 3:27:30 dan posisi ketiga direbut oleh Amir Kolahdozhagh dari TPT Iran dengan catatan waktu 3:28:14. (*)