Kemenpar Berniat Bangun 'Homestay' di Mandeh

id Pantai Mandeh

Kemenpar Berniat Bangun 'Homestay' di Mandeh

Kawasan Mandeh (Antara)

Painan, (Antara) - Kementerian Pariwisata (Kemenpar) berniat membangun satu 'homestay' dan 100 toilet di Kawasan Wisata Terpadu Mandeh di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, guna mendukung percepatan pengembangan pariwisata daerah itu.

Ini merupakan permintaan masyarakat sekitar dan Pemkab Pesisir Selatan. Ok nanti kami akan bangun itu, kata Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam sambutannya saat mendampingi kunjungan kerja Presiden Joko Widodo ke kawasan Mandeh, Sabtu.

Menurutnya kawasan Mandeh merupakan salah satu objek wisata bahari yang sangat indah di Indonesia.

Dihiasi dengan gugusan pulau-pulau kecil di hamparan teluk birunya nan tenang, menjadikan Mandeh layak untuk dikembangkan sebagai destinasi wisata bahari.

Dengan demikian layak kiranya saya sebut Kawasan Mandeh ini sebagai surga yang membentang di ujung selatan Sumbar, ujarnya.

Ia mengungkapkan, dalam waktu dekat Kementerian Pariwisata akan melatih sedikitnya 100 kepala keluarga di sekitar kawasan Mandeh untuk mengikuti pelatihan pengelolaan pariwisata di Pantai Sanur, Bali.

Teknisnya setiap bulan kementerian akan mengirim tiga orang untuk mengikuti pelatihan, sehingga warga sekitar mengerti bagaimana cara mengelola pariwisata.

Kegiatan itu guna mendukung program percepatan pengembangan kawasan Mandeh sebagai kawasan wisata bahari terpadu.

Sesuai rencana lanjutnya, kawasan tersebut nantinya akan dijadikan kawasan bahari yang berbasis keluarga.

Dalam pengembangannya ke depan, kawasan wisata daerah ini akan mengakomodir norma-norma serta adat istiadat yang ada, katanya. (*)