Unand Raih Satu Emas dan Perunggu Pimnas-2015

id Unand, Pimnas-2015

Padang, (AntaraSumbar) - Tim Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumatera Barat (Sumbar) meraih satu emas dan satu perunggu pada Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNas) 2015 di Universitas Halu Oleo Kendari Sulawesi Tenggara (Sultra) pada 8 Oktober 2015 lalu.

"Emas ini diraih oleh tim PKM-KC dalam bidang IPA serta tim PKMM dalam bidang ilmu sosial dan lingkungan" kata Wakil Rektor Unand Bidang Kemahasiswaan Unand Dr. Aprisal, di Padang, Sabtu.

Dia menyebutkan medali emas diraih oleh tim PKM-KC yang beranggotakan Rizqi Akbar, Jonaldo Yazrid, Budion Rizki Putra Azali, dan Rachmat Syahputra berhasil meraih emas kategori poster terbaik.

Keempatnya berhasil menampilkan poster terbaik dalam penelitiannya tentang Pembangkit Listrik Thermoelektrik menggunakan kolektor panas matahari sebagai contoh dari penyediaan energi alternatif.

Dimana sebelumnya penelitian ini juga sebelumnya berhasil memperoleh juara satu dalam lomba karya tulis ilmiah nasional.

"Medali perunggu milik tim PKMM dibawah asuhan Faidil Tanjung yang beranggotakan tiga mahasiswa," katanya.

Ketiga mahasiswa tersebut yakni Sari Rahayu, Roza Saidina Ali, Tri Septia Akhri yang berhasil menampilkan penelitian tentang promosi budaya dan lingkungan

Ketiganya meneliti tentang Pengembangan Agrowisata Perkampungan Pertanian Minangkabau di daerah Tarusan Kamang untuk melestarikan kearifan lokal.

"Secara keseluruhan prestasi ini memperbaiki prestasi tahun lalu yang hanya memperoleh perunggu," katanya.

Prestasi ini katanya, melengkapi keberhasilan mahasiswa Unand yang bulan lalu juga meraih prestasi dalam kontes robot nasional melalui mahasiswa Teknik.

Dia berharap di tahun yang akan datang, prestasi dalam bidang penelitian ilmiah ini dapat meningkat dan dapat mengejar prestasi para dosennya yang sukses mencapai klaster penelitian Mandiri.

Sementara itu, salah satu anggota mahasiswa yang ikut lomba Rizqi Akbar berharap di masa depan semakin banyak mahasiswa Unand yang ikut dalam PIMNas dan meraih medali.

Salah satu cara meningkatkan kesempatan tersebut yakni dengan memperbanyak ide dan tulisan ilmiah pada masing-masing mahasiswa. (*)