Dandim Pimpin Upacara Peringatan Kesaktian Pancasila

id Upacara, Kesaktian Pancasila

Batusangkar, (AntaraSumbar) - Komandan Kodim 0307 Tanah Datar, Sumatera Barat Letkol Arm Bagus Tri Kuntjoro, Kamis pagi menjadi inspektur upacara peringatan hari Kesaktian Pancasila yang diperingati setiap 1 Oktober, di Lapangan Cindua Mato Batusangkar, Kamis.

Upacara yang dimulai pukul 08.00 WIB tersebut diikuti oleh Plh Bupati Hardiman, Muspida, Anggota DPRD, pimpinan SKPD, pimpinan BUMN/BUMD dan anggota TNI, Polri, mahasiswa, KNPI, Pramuka serta siswa SD hingga SMA/SMK.

Kepala Dinas Pendidikan Indra Kesuma membacakan teks Pancasila dan pembukaan UUD 1945, dan Ketua DPRD Zuldafri Darma membacakan dan menandatangani ikrar.

Plh Bupati Tanah Datar Hardiman mengatakan tema peringatan ke-50 tahun Hari Kesaktian Pancasila adalah kerja keras dan gotong royong melaksanakan Pancasila.

Ia menyebut berdasarkan Surat Edaran Mensesneg Pratikno tertanggal 25 September 2015, menyatakan pengibaran bendera setengah tiang pada 30 September 2015, dan pengibaran bendera satu tiang penuh pada 1 Oktober 2015.

Hari Kesaktian Pancasila ditetapkan oleh pemerintah untuk menanamkan pesan di hati seluruh masyarakat Indonesia bahwasanya Pancasila sebagai ideologi negara tidak akan pernah tergantikan oleh paham apapun seperti yang dilakukan oleh Partai Komunis Indonesia (PKI), kata Hardiman.

Sementara itu, Dandim Bagus Tri Kuntjoro menyatakan bahwa Pancasila merupakan ideologi final bangsa Indonesia dan tidak bisa lagi ditawar.

"Pancasila merupakan ideologi final dan menjadi bagian yang tak terpisahkan dari bangsa Indonesia," katanya.

Ia berharap nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila, seperti kerja keras maupun gotong royong, dapat diterapkan masyarakat.

"Kita mengharapkan pada generasi muda untuk menerapkan nilai-nilai Pancasila pada kehidupan sehari-hari," katanya. (*)