Presiden Berkurban Sapi Satu Ton di Padang

id Presiden, Berkurban

Padang, (AntaraSumbar) - Presiden Joko Widodo berkurban satu ekor sapi dengan berat sekitar satu ton di Sumatera Barat (Sumbar).

"Sapi kurban dari Presiden akan diserahkan oleh Pelaksana harian (Plh) Gubernur Ali Asmar pada panitia kurban di Masjid Raya Sumbar pada saat penyemblihan," kata Kepala Bagian Penerangan Biro Humas Sekretaris Daerah Provinsi Sumbar Zardi Syahrir di Padang, Rabu.

Menurut dia, sapi itu akan disemblih bersama sapi lain di Masjid Raya Sumbar pada Kamis(24/9) sekitar pukul 10.00 WIB, usai melaksanakan Sholat Idul Adha.

Dia mengatakan, sapi kurban itu awalnya akan di semblih di Bukittinggi disaksikan oleh Presiden Joko Widodo pada Kamis(24/9), namun karena jadwal kedatangan orang nomor satu di Indonesia itu diundur, maka rencana itu batal.

"Akhirnya diputuskan, sapi itu dikurbankan di Masjid Raya Sumbar," katanya.

Selain presiden, Ketua DPD RI Irman Gusman juga mengirimkan sapi untuk kurban di Sumbar.

"Sapi dari Pak Irman Gusman juga sapi besar dengan berat sekitar 500 Kilogram," kata dia.

Menurut Zardi, ini adalah kali pertama Presiden RI mengirimkan sapi untuk kurban di Sumbar.

"Sepengetahuan saya, ini kali pertama presiden kurban di Padang," katanya.

Sebelumnya, Kepala Biro Bina Sosial Sumbar Syahril B mengatakan, pelaksanaan Sholat Idul Adha di Sumbar akan dipusatkan di halaman kantor gubernur setempat pada Kamis(24/9).

Jika cuaca tidak bersahabat, dia mengatakan, Pemprov Sumbar menyiapkan alternatif pelaksanaan sholat di Masjid Raya Sumbar. (*)