Persiapan TdS 2015 Capai 90 Persen

id TdS 2015

Padang, 17/9 (AntaraSumbar) - Persiapan ajang balap sepeda internasional Tour de Singkarak (TdS) yang akan digelar pada 3 hingga 11 Oktober 2015 telah mencapai 90 persen .

"Informasi dari Dinas Pekerjaan Umum Sumbar, jalan propinsi yang digunakan untuk ajang tersebut sudah selesai 90 persen. Pengerjaan sisanya sedang dikebut agar bisa digunakan tepat waktu," kata Seksi Promosi Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sumatra Barat, Eriyanti di Padang, Kamis.

Ia mengatakan, Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI) telah melakukan survei terkait kesiapan jalur yang akan dilalui pada 4 hingga 12 September lalu.

Survei itu dilakukan bersama Dinas Pariwisata, Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Perhubungan dan Polda Sumbar.

Ia menambahkan, persiapan juga telah dilakukan oleh dinas-dinas terkait di kabupaten/kota.

"Pada dasarnya, balap sepeda hanya sebuah sarana saja. Intinya untuk mengenalkan potensi wisata daerah di Sumbar kepada dunia internasional, karena itu masing-masing daerah juga harus berupaya untuk menonjolkan kelebihan daerahnya," ujarnya.

Ajang balap sepeda tahunan tersebut, akan diikuti oleh 36 negara yang tergabung dalam 24 tim, termasuk di dalamnya lima tim terbaik asal Indonesia pilihan PB ISSI.

Jalur yang akan ditempuh oleh peserta TdS 2015 yaitu sepanjang 1332 kilometer terdiri dari sembilan etape dan melalui 18 kota/kabupaten di Sumbar.

Dua jalur terpanjang yang akan ditempuh peserta adalah pada etape ke tiga, Kabupaten Sijunjung - Dharmasraya sepanjang 184,5 kilometer dan etape ke lima, Kabupaten Lima Puluh Kota - Payakumbuh sepanjang 169,5 kilometer.

Sementara itu, lokasi start awal (grand start) TdS tahun ini akan berlokasi di Pantai Carocok, Pesisir Selatan.