Chairul Tanjung Dukung Komersialisasi Inovasi IPB

id Chairul Tanjung

Jakarta, (Antara) - Pengusaha Chairul Tanjung mendukung upaya komersialisasi inovasi yang dimiliki civitas akademika Institut Pertanian Bogor (IPB).

Chairul saat menghadiri "IPB Investment Summit" di Jakarta, Kamis, yang digelar dalam rangka Dies Natalis ke 52, mengaku senang bisa melihat hasil inovasi perguruan tinggi yang berbasis di Bogor, Jawa Barat itu.

"Saya senang menyaksikan hasil inovasi IPB karena memang riset banyak dilakukan di universitas. Tapi yang bisa meneruskan riset menjadi produk itu jarang, namun di IPB hal itu bisa dikembangkan," katanya.

Chairul mengatakan setelah berhasil mengembangkan inovasi tersebut menjadi produk yang berdaya saing, tantangan selanjutnya adalah bagaimana perguruan tinggi itu bisa mengkomersilkan inovasi tersebut.

Ia berharap setelah berhasil mengkomersilkan inovasi pertanian yang dimiliki, perguruan tinggi negeri itu tidak lantas berhenti.

"Dengan produk yang dikomersialisasi secara besar, struktur univertas bisa menjadi universitas berbasis riset dan selanjutnya bisa berkontribusi untuk negara," katanya.

Rektor IPB Herry Suhardiyanto mengatakan pihaknya memang tengah mengembangkan diri menjadi perguruan tinggi berbasis riset.

Dengan mengembangkan inovasi dan mengkomersilkan hasil kegiatan riset akan membuat penelitian yang dilakukan menjadi lebih terarah guna mendorong pertumbuhan ekonomi bangsa.

"Tapi kami tidak akan menjadi pelaku bisnis yang meninggalkan tugas sebagai perguruan tinggi, makanya ada PT Bogor Life Science & Technology," katanya.

Herry juga mengakui masih ada hambatan dari sisi kejelasan kebijakan anggaran, fasilitasi pemerintah dan kewenangan otonomi dalam upaya menuju perguruan tinggi berbasis riset.

"Kita harus perbanyak inovasi yang memperkuat ekonomi. Orientasinya adalah kemandirian pangan," katanya. (*)