Masyarakat Solok Diminta Waspada Kabut Asap

id Solok, waspada, asap

Solok, (AntaraSumbar) - Penjabat Wali Kota Solok Asrizal Asnan meminta masyarakat daerah itu meningkatkan kewaspadaannya terkait dengan situasi yang semakin diselimuti oleh kabut asap.

"Diharapkan khusus pada masyarakat petani tidak melakukan pembakar jerami yang akan menambah volume kabut asap di Solok," katanya di Solok, Rabu.

Ia mengatakan, asap yang menyelimuti Kota Solok dan daerah lainnya merupakan asap kiriman dari Provinsi Riau dan Jambi yang disebabkan dari terbakarnya lahan gambut di beberapa titik di daerah tersebut.

Untuk itu, diharapkan masyarakat lebih memperkecil aktivitasnya di luar rumah atau di lapangan terbuka. Dia mengharapkan masyarakat mempergunakan masker di waktu beraktivitas di luar rumah.

Untuk memperkecil angka kecelakaan yang disebabkan oleh jarak pandang yang dekat, diharapkan pihak keamanan khususnya dari Satlantas Polres Solok Kota lebih meningkatkan kinerja.

Untuk mengatasi terjadinya korban atau penyakit yang dapat mengancam masyarakat akibat kabut asap tersebut, Pemerintah Daerah Kota Solok telah mempersiapkan langkah langkah tersendiri dalam penanggulangan.

Dia telah memerintahkan Dinas Kesehatan Kota Solok untuk mencari solusi untuk mengatasi ancaman penyakit yang akan disebabkan oleh kabut asap.

Untuk langkah pertama, dia telah merekomendasikan dinas terkait untuk membagikan masker gratis kepada masyarakat yang ada di Kota Solok. Selain itu Dinas Kesehatan setempat juga harus menyiagakan dan meningkatkan jumlah tenaga medis di pos kesehatan yang ada di daerah setempat.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Solok Ori Affilo mengatakan, untuk mencegah segala kemungkinan buruk yang terjadi pada masyarakat yang disebakan oleh tebalnya kabut asap yang ada di daerah itu, pihaknya telah menyiagakan dan mendirikan pos siaga di beberapa titik tertentu di kota Solok.

Selain itu, sebagian anggota BPBD dan relawan Damkar yang berada dibawah binaan instansi yang dipimpinnya itu, telah dibagi tugasnya untuk melakukan petroli jalan raya dan patroli pada jalan perkampungan penduduk. (cpw5)