TNKS akan Sosialisasikan Manfaat Hutan

id manfaat, hutan

Padang Aro, (AntaraSumbar) - Seksi Pengelolaan Taman Nasional Kerinci Seblat (SPTNKS) Wilayah IV di Solok Selatan akan menyosialisasikan manfaat kawan hutan kepada tokoh masyarakat dan wali nagari.

"Sosialisasi akan dilaksanakan pada pekan ke dua atau ketiga September kepada tokoh masyarakat dan wali nagari terutama yang berbatasan langsung dengan TNKS", kata Kepala SPTNKS Wilayah IV M Zainudin di Padang Aro, Rabu.

Menurut dia, kini kawasan hutan yang benar-benar alami hanya ada di TNKS. Oleh karena itu perlu dilakukan pengawasan secara bersama-sama karena pihak pengelola juga kekurangan sumber daya.

"Kami melakukan sosialisasi ini supaya masyarakat mengerti tentang peletarian TNKS secara umum seperti manfaat dan fungsinya," katanya.

Jika TNKS ini dirambah terus, kata dia, maka tidak akan ada lagi kawasan hutan yang alami dan ini akan mengancam di masa depan.

Ia menyebutkan, pada Agustus lalu pihaknya menangkap empat orang warga yang sedang membuka lahan perladangan baru di zona inti.

"Kami tidak menahannya tetapi dibuat perjanjian dan ini merupakan upaya kita dalam memberikan pengertian pada masyarakat," jelasnya.

Sementara itu Direktur Institution Concervation Society (ICS) Solok Selatan Salfayandri mengatakan, TNKS harus lebih gencar lagi melakukan sosialisasi kepada masyarakat supaya permabahan bisa dicegah.

Selain itu, katanya, TNKS juga harus lebih inten dalam melakukan patroli di daerah yang rawan perambahan.

"TNKS juga harus memasang papan pengumuman di sekitar kawasan serta tapal batas yang jelas sehingga masyarkat tidak masuk dan membuka lahan baru," katanya. (*)