Pertunjukan Kolaborasi Tari "Penyeberangan" Ditunda 2016

id Kolaborasi Tari Penyeberangan

Padang, (Antara) - Pertunjukan kolaborasi tari grup Nan Jombang Dance Company (NJDC) asal Sumatera Barat(Sumbar) bersama Natya Dance Theatre Company (NDTC) dari Chicago AS dengan judul "Penyeberangan" ditunda hingga 2016.

"Setelah melakukan latihan bersama di Chicago selama 10 hari, saya merasakan ada sesuatu yang kurang dari kolaborasi ini. Hal yang sama juga dirasakan oleh pimpinan NDTC Hema Rajagopalan. Karena itu kita sepakat untuk "mengheningkan" sejenak kolaborasi ini," kata koreografer Nan Jombang Dance Company (NJDC) Ery Mefri di Padang, Jumat.

Dia mengatakan akan meneliti kembali hasil latihan kolaborasi tari tersebut untuk menemukan hal yang dirasa kurang untuk diperbaiki.

Menurutnya, jadwal latihan bersama untuk pematangan kolaborasi tari tersebut belum ditentukan hingga saat ini. Namun, dia memastikan, penampilan awal akan dilakukan pada 2016.

Rencananya, menurut dia, latihan di Chicago tersebut adalah latihan akhir kedua grup sebelum mementaskan karya ini pada Oktober atau November 2015. Namun, karena dirasa masih ada yang kurang, penampilan akhirnya diundur.

Ery menceritakan, selama 10 hari di Chicago dia dan dua orang penari yang ikut serta yaitu Angga Djamar dan Rio Mefri, berlatih di dua tempat yaitu di Studio pribadi pimpinan Natya di pinggir kota Chicago (At Ridgewood Court Oak Brook) dan di Fine Arts Building yang berada di pusat kota Chicago.

"Bersama lima penari dari Natya, kita mencoba mematangkan kolaborasi. Tetapi belum berhasil memberikan hasil yang memuaskan bagi saya maupun Hema," katanya.

Proses kolaborasi tari antara dua grup dari dua benua berbeda itu menurut Ery bermula dari Festival Center Stage 2012.

Saat itu, Nan Jombang mendapat tur satu setengah bulan dari Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat.

Pertunjukan `"Tarian Malam" yang dibawakan NJDC ternyata berhasil menarik perhatian Hema Rajagopalan, pimpinan Natya.

"Hema kemudian mencari tahu dengan mencari berita-berita dalam bahasa Inggris tentang Nan Jombang. Salah satunya ditemukan di New York Times tentang "Tarian Malam"," kata dia.

Menurutnya, Hema kemudian menghubungi dan mengajak Nan Jombang untuk berkolaborasi.

"Kita membuat kesepakatan dengan Natya untuk menggarap kolaborasi tari sejak 2014. Penyatuan ide dalam pertunjukan itu diberi judul "Penyeberangan,", Ery.

Kesepakatan itu kemudian ditindaklanjuti dalam bentuk latihan bersama di India pada 16-23 Februari 2015. Latihan itu kemudian dilanjutkan di Chicago.

"Mudah-mudahan, dengan proses pengheningan ini, pertunjukan pada 2016 akan sesuai dengan harapan," katanya. (*)