Dharmasraya Diselimuti Kabut Asap Kiriman

id Kabut, asap, dharmasraya

Dharmasraya Diselimuti Kabut Asap Kiriman

Ilustrasi. (ANTARA FOTO)

Pulau Punjung, (AntaraSumbar) - Kabupaten Dharmasraya sejak Selasa (25/8) diselimuti kabut asap kiriman akibat kebakaran lahah yang terjadi di beberapa provinsi tetangga.

Salah satu warga, Rudi (34) di Pulau Punjung, Kamis, mengatakan, akibat kabut asap yang melanda selama dua hari terakhir mengakibatkan jarak pandang menjadi terbatas.

"Selain itu, napas juga terasa sesak dan mata sedikit perih," katanya.

Menurut dia, kabut asap ini merupakan kiriman dari provinsi tetangga yang berbatasan langsung dengan Dharmasraya, yanki Riau dan Jambi

Hal yang sama juga disampaikan, Budi (40), mengatakan, saat ini kabut asap cukup mengganggu aktivitas masyarakat.

Selain itu, sampai saat ini sudah banyak warga yang terkena Inpeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA), dengan gejala sesak napas, flu, dan batuk

"Bahkan jarak pandang saat berkendara hanya 300 sampai 500 meter," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Daerah setempat Drg Erina, mengimbau masyarakat untuk mengurangi aktivitas di luar rumah guna meminimalisasi terkenanya penyakit yang dipicu kabut asap.

"Kami sudah sampaikan himbauan kepada masyarakat melalui surat edaran ketingkat Puskesmas untuk disampaikan ke tenaga kesehatan di ditingkat Nagari (Desa Adat)," ujar dia.

Selain itu, pihaknya juga mengimbau agar masyarakat mengunakan masker jika ingin bepergian keluar rumah.

Ia mengatakan, hingga hari ke dua kabut asap menyelimuti Dharmasraya belum ditemukan masyarakat yang terkena penyakit, seperti ISPA. (cpw12)