Nomor Urut Calon Gubernur Sumbar

id nomor, urut, pilgub

Padang, (AntaraSumbar) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat menetapkan nomor urut pasangan calon gubernur dan wakil gubernur setempat melalui rapat pleno terbuka, Selasa malam.

Dalam rapat yang juga dihadiri simpatisan dua pasangan calon tersebut, pasangan Muslim Kasim-Fauzi Bahar mendapatkan nomor urut satu dan Irwan Prayitno-Nasrul Abit nomor urut dua.

Sebelum pengundian nomor urut tersebut, sidang terbuka yang dipimpin langsung oleh Ketua KPU Sumbar Amnasmen menjelaskan tata cara pelaksanaan pengundian nomor urut.

"Masing-masing pasangan akan melakukan pengundian untuk menentukan siapa yang terlebih dulu mengambil nomor pengundian," katanya.

Setelah melakukan prapengundian itu, pasangan Irawan Prayitno-Nasrul Abit terlebih dulu mengambil nomor mengambil nomor pengundian tersebut, selanjutnya Muslim Kasim-Fauzi Bahar.

Teriakan dan yel-yel masing-masing pendukung mengiringi dibukanya nomor urut yang didapatkan dari pengundian tersebut.

Selain meneriakkan yel-yel dan slogan, kedua massa pendukung pasangan calon tersebut juga mengeluarkan atribut baju kaos yang sudah diberi nomor hasil pengundian tersebut.

Sementara itu, menanggapi nomor urut yang didapatkan, calon gubernur Muslim Kasim mengatakan, nomor itu sudah diprediksi bisa didapatkan sekaligus tanda-tanda kemenangan.

"Dari awal hingga akhir tetap nomor satu dan ini memiliki makna kemenangan," Muslim usai kegiatan.

Berbeda dengan Muslim, calon Gubernur nomor urut dua Irwan Prayitno yang mengatakan tidak mempermasalahkan berapapun nomor urut yang didapatkan.

"Biasa saja, tidak masalah berapapun nomor yang didapatkan, yang pasti itu nomor urut" kata Irwan.

Usai penetapan nomor urut, kedua pasangan calon menerima berita acara dan mengesahkan nama yang akan dipasang dalam Alat Peraga Kampanye (APK) dan surat suara pencoblosan oleh KPU. (*)