Penyaluran KUR Belum Jelas di Sumbar

id Penyaluran, KUR, Sumbar, Belum, Jelas

Penyaluran KUR Belum Jelas di Sumbar

Ilustrasi. Usaha kecil menengah (UKM) kerajinan rotan.

Padang, (AntaraSumbar) - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat belum bisa memastikan kapan Kredit Usaha Rakyat (KUR) di daerah itu bisa dikucurkan kepada masyarakat karena hingga kini belum juga ada informasi yang jelas terkait hal tersebut.

"Kita memang belum mendapatkan informasi terkait hal itu, tetapi pemerintah saat ini memang sedang mengevaluasi KUR ini sebelum diluncurkan kembali," kata Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno di Padang, Kamis.

Dia berharap dalam waktu dekat KUR tersebut sudah dapat diluncurkan karena sektor perekonomian di Sumbar memang didominasi usaha kecil dan menengah yang membutuhkan penguatan modal usaha, salah satunya melalui kredit perbankan.

"Sekarang bunga KUR ini juga sudah diturunkan oleh pemerintah, mudah-mudahan ini akan bisa memberikan dorongan positif bagi pengembangan perekonomian Sumbar," kata dia.

Sementara itu, pelaksana tugas(Plt) Dinas Koperasi dan UMKM Sumbar, Zirma Yusri mengatakan, meskipun kapan waktu penyaluran KUR 2015 di Sumbar belum jelas, tetapi kemungkinan, bank penyaluran KUR hanya satu, yaitu Bank Rakyat Indonesia (BRI).

"Informasi yang kita terima, bank lain termasuk Bank Pembangunan Daerah (BPD) Sumbar atau sering disebut Bank Nagari, tidak jadi ditunjuk oleh pemerintah sebagai bank penyalur KUR," katanya.

Dia mengatakan, Pemprov Sumbar telah berusaha merekomendasikan Bank Nagari untuk bisa menjadi penyalur KUR karena rasio kredit bermasalah (NPL)-nya pada 2014 tergolong rendah. Namun, usaha itu sepertinya belum membuahkan hasil.

Pada 2014, Bank Nagari tercatat telah menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebanyak Rp1,077 triliun.

Kredit sebesar itu disalurkan kepada 26.123 orang nasabah di Sumbar.(*)