Sumber Air PDAM Agam Berkurang Akibat Kemarau

id Sumber, Air, PDAM, Agam, Berkurang, Akibat, Kemarau

Sumber Air PDAM Agam Berkurang Akibat Kemarau

Ilustrasi. (Antara)

Lubuk Basung, (AntaraSumbar) - Sumber air Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Antokan Kabupaten Agam berkurang semenjak kemarau yang terjadi di daerah itu beberapa bulan lalu.

Direktur PDAM Tirta Antokan Agam, Eryanson didampingi Divisi Teknis, Zardi di Lubuk Basung, Kamis, mengatakan saat ini terjadi pengurangan debet pada sumber air di Sungai Silasuang, sumber air di Silayang dan lainnya.

"Kondisi air di sumber ini kurang dari 20 liter perdetik dan ini disebabkan kemarau beberapa bulan lalu," katanya.

Namun penyaluran air kepada pelanggan tidak terganggu setelah PDAM Tirta Antokan melakukan berbagai upaya. Sedangkan untuk pemasangan bagi pelanggan baru sangat terbatas.

Dengan kondisi ini, kedepan PDAM Tirta Antokan Agam akan mengolah air permukaan, sehingga bisa ditingkatkan menjadi 100 liter perdetik.

Untuk meningkatkan ini, pihaknya membutuhkan dana yang cukup besar. Sementara PDAM Tirta Antokan tidak memiliki dana untuk pengembangan ini.

Untuk itu, pihaknya akan berusaha mengajukan permohonan dana kepada pemerintah pusat.

"Kita berusaha semaksimal mungkin untuk mencari dana ke pemerintah pusat dan kita menargetkan lima tahun kedepan ini akan tercapai," katanya.

PDAM Tirta Antokan Agam memiliki sebanyak 12.000 pelanggan yang tersebar di Unit Lubuk Basung, Unit Matur, Unit Ampek Koto.

Lalu Unit Sungai Pua, Unit Ampek Angkek, Unit Baso, Unit Maninjau, Unit Tiku, Unit Batu Kambing.

"Pada tahun ini kita menargetkan untuk pemasangan baru sebanyak 850 pelangan dan baru terealisasi sekitar 300 pelangan," katanya. (*)