Enam Koperasi Terbentuk di Agam Sejak Januari

id Enam, Koperasi,Terbentuk, di, Agam, Sejak, Januari

Lubuk Basung, (AntaraSumbar) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Agam, Sumatera Barat (Sumbar), mencatat sebanyak enam unit koperasi yang terbentuk di daerah itu semenjak Januari sampai Juli 2015.

Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah Perindustrian dan Perdagangan Agam, Jabanur didampingi Kepala Seksi (Kasi) Kelembagaan Koperasi, Mairizal di Lubuk Basung, Kamis, mengatakan, keenam koperasi itu yakni, Koperasi Sumber Usaha (KSU) Minang Kabau di Kecamatan Tanjung Raya, Koperasi Gapoktan Cahaya Kamek di Kamang Magek.

Lalu, Koperasi Sumber Usaha (KSU) Pandan Sejahtera dan Koperasi Jasa Keuangan Syariah (KJKS) Agam Madani di Nagari Batu Taba Kecamatan Ampek Angkek.

Koperasi Petugas Lembaga Permasyarakatan (Lapas) di Nagari Manggopoh, Lubuk Basung, dan Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Anggrek di Matur.

"Ini merupakan data yang kita peroleh dan kepengurusan koperasi ini telah disahkan," katanya.

Dari data yang diperoleh, ada 10 unit koperasi yang mengajukan permohonan pembentukan. Namun baru enam unit koperasi yang diresmikan dan empat unit koperasi lainnya dalam proses.

Pembentukan koperasi ini, katanya, perlu ketelitian dan harus disesuaikan dengan persyaratan yang ditentukan oleh setiap koperasi tersebut.

"Pembentukan koperasi ini dapat mengurangi ketergantungan para pelaku usaha kepada jasa pinjaman rentenir, karena salah satu fungsi dari koperasi bisa menjadi sumber pinjaman modal," katanya.

Ia mengatakan, Pemkab Agam akan terus berupaya untuk melakukan penataan koperasi yang diharapkan berdampak positif bagi perkembangan perekonomian kerakyatan dalam meningkatkan kesejahteraan anggota.

Saat ini, pihaknya mencatat sebanyak 263 koperasi di Agam dengan memiliki 38.271 anggota. Dari 263 unit koperasi itu, sebanyak 189 unit yang aktif dan tidak aktif sebanyak 74 unit. (*)