Indonesia Perjuangkan Keanggotaan Timor Leste dalam ASEAN

id Indonesia, Perjuangkan, Keanggotaan, Timor, Leste, Dalam, Asean

Indonesia Perjuangkan Keanggotaan Timor Leste dalam ASEAN

Lambang ASEAN. (Ist)

Jakarta, (AntaraSumbar) - Pemerintah Indonesia akan terus memperjuangkan status keanggotaan Timor Leste dalam ASEAN dengan mengemukakan isu tersebut dalam acara Pertemuan Menteri Luar Negeri ASEAN (ASEAN Ministerial Meeting) ke-48 di Kuala Lumpur pada 3-6 Agustus.

"Keanggotaan Timor Leste tetap Indonesia kemukakan. Sudah saatnya ASEAN lebih mempertimbangkan Timor Leste untuk menjadi salah satu anggota ASEAN," kata kata Direktur Mitra Wicara dan Antar Kawasan Direktorat Jenderal Kerjasama ASEAN Kemlu, M.I. Derry Aman di Jakarta, Kamis.

Menurut Derry, Indonesia sejak awal merupakan negara pertama yang mendukung Timor Leste untuk ikut bergabung dalam ASEAN, mengingat Timor Leste juga berada di kawasan Asia Tenggara.

"Indonesia sudah jelas posisinya sebagai negara yang pertama kali mencetuskan agar Timor Leste menjadi negara anggota ASEAN. Maka Indonesia akan terus mengemukakan soal keanggotaan Timor Leste dalam ASEAN," ujar dia.

Dia menjelaskan bahwa hal tersebut menunjukkan konsistensi Indonesia sebagai negara yang mengajukan Timor Leste untuk masuk menjadi anggota ASEAN.

Namun, Derry mengungkapkan bahwa sejauh ini belum ada konsensus yang dicapai diantara negara anggota ASEAN mengenai pemberian status anggota kepada Timor Leste.

"Indonesia tetap menekankan terus (status keanggotaan Timor Leste). Oke, kita belum mencapai konsensus, tetapi kemudian sudah ada gambaran ke depan apa yang harus kita lakukan," kata dia.

Menurut dia, saat ini sedang dilakukan studi soal kesiapan Timor Leste untuk menjadi anggota ASEAN. Penilaian kesiapan itu berdasarkan tiga pilar utama ASEAN, yaitu kesiapan di bidang politik dan keamanan, sosial budaya, dan ekonomi.

"Berdasarkan hasil studi ini nantinya akan diputuskan apakah Timor Leste sudah bisa bergabung dengan ASEAN atau belum. Yang pasti Indonesia tidak akan tinggal diam, studi itu harus segera selesai," tegas dia.

Timor Leste sendiri sejauh ini masih berstatus sebagai negara tamu dalam setiap pertemuan ASEAN. Akan tetapi, kata Derry, pemerintah Timor Leste sejak awal bisa memahami proses yang sedang berlangsung di ASEAN dan menyadari bahwa negara itu memang harus mempersiapkan diri untuk dapat bergabung dalam ASEAN.

"Indonesia sebagai negara pencentus tidak akan tinggal diam, ini adalah isu yang harus dibahas. Komitmen Indonesia jelas. Di masa depan, Timor Leste akan menjadi anggota ASEAN," ujar dia. (*)