5.000 Peserta Ikuti Jambore BNK Solok

id 5.000, Peserta, Ikuti, Jambore, BNK, Solok

Arosuka, (AntaraSumbar) - Lima ribu peserta mengikuti ajang Jambore BNK Kabupaten Solok IX Tahun 2015, di Bumi Perkemahan Mapolres Solok di Lubuk Selasih, Kamis-Sabtu (29-31/07).

Peserta Jambore itu diantaranya berasal dari kontingen pelajar SLTP, SLTA, Perguruan Tinggi, perwakilan Kecamatan, Ormas, LSM dan Orsospol se- Kabupaten Solok.

Pembukaan Jambore BNK Kabupaten Solok yang pertama kali digelar Tahun 2007 itu, diapresiasi Kepala BNN Republik Indonesia Komjen Polisi Anang Iskandar yang datang langsung menghadiri pembukaan kegiatan acara tersebut.

Pembukaan acara Jambore BNK Kabupaten Solok yang berlangsung semarak diikuti antusiasme yang tinggi seluruh peserta itu, juga dihadiri Kapolda Sumbar Brigjen Polisi Bambang Sri Herwanto, Bupati Solok Syamsu Rahim dan Wakil Bupati Desra Ediwan serta Kapolres Solok AKBP. Tommy Bambang Irawan selaku tuan rumah kegiatan acara tersebut.

Ikut hadir diacara itu Ketua TP PKK Kabupaten Solok Hj. Erlinda Syamsurahim, Sekda M Saleh, Kepala SKPD setempat dan Camat se-Kabupaten.Solok serta hadirin lainya.

"Pelaksanaan kegiatan Jambore BNK Kabupaten Solok ini, merupakan sebuah kontribusi nyata yang patut diapresiasi guna meningkatkan pemahaman generasi muda tentang bahaya penyalahgunaan narkoba," kata Kepala BNN RI Komjen Polisi Anang Iskandar.

Anang menyebutkan dengan adanya kegiatan Jambore BNK ini, diharapkan seluruh peserta yang didominasi para pelajar dan generasi muda dan masyarakat umum lainya, mampu memahami secara lebih mendalam tentang bahaya penyalahgunaan narkotika.

Bupati Solok Syamsu Rahim mengatakan, kegiatan Jambore BNK Kabupaten Solok ini merupakan kegiatan yang ke-9 kalinya dilaksanakan secara rutin setiap tahunya, dan didukung penuh oleh Pemkab Solok karena berdampak positif bagi seluruh masyarakat.

Pemkab Solok, kata Syamsu Rahim, tidak akan pernah bosan dalam mengimbau dan mensosialisasikan kepada seluruh lapisan masyarakat akan bahaya penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoban diantaranya melalui kegiatan Jambore BNK ini.

Ia menyebutkan, mengingat banyak dampak negatif dari penyalahgunaan narkoba, maka sudah selayaknya kita semua bertekad untuk memberantasnya, mulai dari diri kita sendiri dan dari lingkungan disekitar kita.

"Mari sama-sama kita mengatakan TIDAK pada NARKOBA dan bersama-sama kita menguatkan tekad kita menjadikan Kabupaten Solok bebas Narkoba atau Zero Narkoba," ujarnya

Terpisah, Wakil Bupati Solok Desra Ediwan Anan Tanur selaku Ketua BNK setempat dan Ketua Panitia Acara Jambore BNK itu mengatakan, kegiatan Jambore ini meliputi perkemahan, bakti social, penyuluhan narkoba dan apresiasi seni.

Kegiatan ini, katanya, juga dalam rangka meningkatkan silaturahmi antar sesama pelajar dan. Generasi muda dalam mengantisipasi tindak kriminal, kenakalan remaja dan untuk menambah ketrampilan siswa dan pemuda.

Ia menambahkan, maksud dari Jambore BNK ini diharapkan para pelajar,pemuda dan masyarakat umum lainya, memahami secara lebih mendalam tentang bahaya penyalahgunaan narkotika.

Adapun tujuan dari kegiatan ini diantaranya menjadikan Jambore BNK sebagai sarana positif untuk meningkatkan kemitraan antara pemerintah daerah, Polri, Ormas, Orsospol, LSM, Tokoh Masyarakat,pemuda dan pelajar khususnya dalam pemberantasan penyalahgunaan narkotika. (cpw1)