Polres : Angka Kriminalitas Naik Selama Operasi Ketupat

id Angka Kriminalitas

Pariaman, (Antara) - Kepolisian Resor (Polres) Kota Pariaman, Sumatera Barat, (Sumbar) menyatakan angka kriminalitas naik selama Operasi Ketupat 2015 di daerah itu.

"Pada operasi ketupat 2014 tercatat sebanyak 17 kasus kriminalitas, sementara pada 2015 tercatat 19 kasus," kata Kapolres setempat, AKBP. Riko Junaldy di Pariman, Senin.

Kenaikan angka tersebut memang tidak terlalu signifikan, namun kasusnya berkembang pada kasus penipuan kepada masyarakat berupa pesan singkat yang disampaikan via telepon genggam.

"Penipuan dengan modus berupa pesan singkat tersebut masih marak terjadi, masyarakat masih banyak yang bisa tertipu dengan modus atau iming-iming hadiah," kata dia.

Ia berpesan agar lebih cermat dalam menanggapi kasus atau modus tersebut.

Kapolres juga menyayangkan masih ada masyarakat yang kurang memiliki kewaspadaan terhadap kendaraanpribadi yang ditinggalkan.

Dari temuan di lapangan masih ada masyarakat yang meninggalkan sepeda motor dalam keadaan hiduptanpa mematikan mesin motor dan meninggalkanya begitu saja.

Selain kasus kriminalitas juga terjadi tiga kasus kebakaran selama operasi ketupat 2015.

Kasus kebakaran tersebut bukan rumah yang sedang dihuni melainkan rumah kosong yang telah ditinggalkan oleh pemiliknya.

"Sebelumnya kita juga sudah mengimbau kepada masyarakat setempat untuk mewaspadai segala kemungkinan bencana yang bisa terjadi, salah satunya kebakaran," ucap dia.

Saat ini daerah itu memang sedang dilanda musim panas, oleh sebab itu kewaspadaan sangat diutamakan menghadapi musim kemarau ini. (*)