Kamis, 19 Oktober 2017 - 29 Muharram 1439 H

Arus Balik Tetap Ramai di Pelabuhan Bakauheni

Bakauheni, (AntaraSumbar) - Arus balik penumpang kapal dari Sumatera ke Pulau Jawa tetap ramai di Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni Lampung, Jumat (24/7) malam hingga Sabtu pagi, sehingga terjadi antrean panjang di seluruh areal parkir pelabuhan ini.

Pada Dermaga 1 hingga Dermaga 5 di Pelabuhan Bakauheni di Lampung Selatan itu, kendaraan harus mengantre setidaknya dua jam baru bisa masuk ke dalam kapal untuk diseberangkan ke Pelabuhan Merak Banten.

Selain itu, arus balik pejalan kaki juga ramai sejak Jumat malam hingga Sabtu pagi.

Bus dan angkutan umum yang penuh sesak silih berganti menurunkan penumpang di areal terminal pelabuhan tersebut.

Mereka selanjutnya menyeberang Selat Sunda ke Merak Banten dengan menggunakan kapal feri.

Arus kendaraan pemudik ke Pelabuhan Bakauheni juga ramai melintas di Jalan Lintas Sumatera di wilayah Provinsi Lampung.

Sebanyak 26 kapal feri dikerahkan untuk mengangkut penumpang arus balik Lebaran 2015 itu, meskipun pada Jumat malam satu kapal feri mengalami kerusakan sehingga urung dioperasikan.

Menurut data Posko Angkutan Lebaran PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Bakauheni, jumlah penumpang arus balik yang diseberangkan mulai Jumat hingga malam pukul 20.00 WIB mencapai 41.666 orang.

Diperkirakan arus balik penumpang akan makin ramai mulai malam hingga Sabtu pagi, sehingga jumlah penumpang arus balik yang diseberangkan ke Merak akan melebihi angka tersebut.

Total penumpang arus balik yang diseberangkan dari Bakauheni ke Merak mulai H+1 hingga H+7 malam mencapai 529.554 orang.

Sedangkan arus balik dari Jawa ke Sumatera juga terlihat ramai melintas di Bakauheni dan Jalinsum Lampung.

Kendaraan arus balik dari Jawa ke Sumatera itu, selain dari Lampung, juga banyak yang berasal dari Palembang, Bengkulu, Jambi, Medan, dan Padang.

Arus balik usai Lebaran pada Sabtu diperkirakan tetap ramai hingga malam hari. (*)


Editor : Joko Nugroho

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Atman Ahdiat
Semangat Pemerintah Daerah Sumatera Barat untuk memacu pertumbuhan di sektor pariwisata terpancar pada Forum Investasi Regional ...
Baca Juga