Polisi Buka-tutup Jalan Urai Macet Payakumbuh

id Polisi Buka-tutup Jalan Urai Macet Payakumbuh

Payakumbuh, (Antara) - Kepala Satuan Lalu lintas Kepolisian Resor (Polres) Kota Payakumbuh, Sumatera Barat AKP Erman mengatakan pihaknya melakukan sistem buka-tutup jalan untuk mengurai kemacetan di daerah itu.

"Hingga Senin malam Pukul 20.48 WIB, keadaan lalu lintas masih ramai namun lancar. Kami melakukan sistem buka-tutup mengurai kemacetan di Jalan Sudirman," kata Erman, di Payakumbuh, Senin.

Menurut dia, kepolisian itetap melakukan pemantauan dan pengendalian arus yang dapat menyebabkan kemacetan di pusat kota.

"Kami tetap mengendalikan arus yang bisa menimbulkan kemacetan. Seperti kendaraan yang berputar arah, bisa bisa menyebabkan penumpukan ," jelasnya.

Ia mengatakan, keadaan arus yang terjadi pada H +2 Idul Fitri 1436 Hijriah dinilai telah berkurang.

"Kondisi malam ini jumlahnya telah berkurang jika dibandingkan hari sebelumnya," katanya.

Dijelaskan Erman, puncak keramaian arus mudik di daerah itu terjadi pada Sabtu (18/7) malam, dimana jumlah keadaan arus lalu lintas ramai, namun tetap terkendali.

Ia menjelaskan, keadaan arus yang terjadi pada Senin malam terisi satu jalur, menuju ke luar Kota Payakumbuh.

Dikatakannya, jumlah personel yang dilibatkan dalam mengamankan arus itu lebih dari 100 personel.

"Diharapkan masyarakat tetap waspada dan mengutamakan keselamatan dalam berkendara," ujarnya.

Salah seorang perantau yang akan balik ke Jakarta Ernita (42), mengapresiasi tugas yang dilakukan oleh pihak kepolisian tersebut.

"Saya mengapresiasi tugas polisi yang terus mengatur lalulintas, bahkan saat lebaran mereka masih bekerja. Semoga di hari biasa polisi tetap seperti ini," katanya. (hul)