Pemudik Antisipasi Pasar Tumpah Lintas Sumatra di Pasaman

id Pemudik, Antisipasi, Pasar, Tumpah, Lintas, Sumatra

Lubuk Sikaping, (AntaraSumbar) - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Pasaman mengatakan pemudik perlu mewaspadai tiga pasar tumpah di daerah itu.

Kepala Seksi Operasional Satpol PP Pasaman, Zulfahmi di Lubuk Sikaping, Jumat, mengatakan tiga lokasi pasar tumpah yang perlu diwaspadai ada yang beraktivitas pada pagi hari, ada juga pada sore hari.

Pasar tumpah terdapat di Kecamatan Lubuk Sikaping, Tapus, dan juga Rao, dimana lokasi tersebut termasuk jalur lintas penghubung Sumatera Barat, dengan Sumatera Utara, yang kemungkinan akan banyak dilalui kendaraan untuk mudik saat lebaran tahun ini.

"Untuk itu kami akan berkoordinasi dengan dinas terkait lainnya untuk melakukan penertiban, sehingga arus mudik dapat berjalan dengan lancar," katanya.

Ia menjelaskan, untuk penertiban kemungkinan baru dilakukan satu minggu menjelang Lebaran, dimana saat itu akan mulai banyak kendaraan yang melintas daerah ini, baik dari Sumut menuju Sumbar, ataupun sebaliknya.

"Kita akan melakukan patroli, dan mengimbau pada pedagang untuk tidak memakan badan jalan saat berjualan, sebab selain dapat mengganggu arus lalulintas juga dapat membahayakan pedagang ataupun pembeli sehingga harus diantisipasi sejak dini," jelasnya.

Ia menjelaskan, keberadaan mereka harus diatur, terutama saat arus lalulintas akan semakin pada jelang lebaran, seberti tahun-tahun sebelumnya.

"Untuk antisipasi pasar tumpah, nanti para pedagang bakal diinstruksikan supaya tidak memakai badan jalan, semua pedagang harus masuk ke pasar, dimana kita juga akan membuat posko pengamanan di sekitar lokasi yang dianggap rawan tersebut," jelasnya.

Sehubungan dengan itu, terkait persiapan jalur mudik tersebut, selain Satpol PP, pihak BPBD setempat juga telah mengantisipasi kemungkinan yang dapat terjadi di jalur lintas sumatera daerah itu, salah satunya dengan memetakan titik longsor yang dapat mengganggu arus lalu lintas.

"Saat ini kita memetakan jalur lintas yang rawan akan bencana alam, seperti tanah longsor, dan kita akan menyiapkan alat berat untuk menjamin kelancaran arus mudik ini," kata Kepala BPBD Pasaman, Sayuti Pohan. (*)