200 Petugas Gabungan Kabupaten Solok Amankan Lebaran

id Petugas, Gabungan, Kabupaten, Solok, Amankan, Lebaran

Arosuka, (AntaraSumbar) - Kepolisian Resor (Polres) Solok, Sumatera Barat, mengerahkan 200 petugas gabungan dalam rangka Operasi Ketupat 2015 dalam mengamankan perayaan Hari Raya Idul Fitri 1436 Hijriyah.

"Polres Solok juga akan mendirikan tiga Pos Pengamanan (Pospam) Lebaran, yang tersebar di tiga titik lokasi berbeda," kata Kapolres Solok AKBP Tommy Bambang Irawan di Arosuka, Jumat.

Saat menyampaikan hal itu, Kapolres AKBP Tommy Bambang Irawan didampingi Wakapolres Kompol Aditya, Kabag Ops Kompol Mulyono, Kabag Sumda Kompol Irwan Zani, Kasat Reskrim AKP Budi Satria, Kasat Lantas AKP Afrino Chaniago dan Kasat Intel Iptu Sosmedya.

Tommy menerangkan, dari 200 petugas gabungan pengamanan Lebaran itu, sebanyak 140 diantaranya merupakan personel Polres Solok.

Selebihnya, imbuhnya, petugas bantuan penguatan dari unsur TNI/Satpol PP/Dishub/Jasa Raharja dan Paramedis.

Untuk tiga Pospam Operasi Ketupat tahun ini, kata Tommy, didirikan di dekat rumah makan Mintuo batas Kabupaten Solok dengan Kota Padang, lalu di Simpang Koramil Selayo dan di kawasan obyek wisata Danau Kembar.

Ia menerangkan bahwa, jajaran Polres Solok yang dipimpinnya itu juga membentuk tiga Unit Kecil Lengkap (UKL) beranggotakan personel gabungan Serse, Intel dan Sat Lantas, yang akan bertugas langsung ke lapangan, seperti misalnya mengurai kemacetan arus lalulintas saat ramai arus mudik Lebaran dan arus balik.

"Masing-masing UKL terdiri dari 10 orang," katanya.

Selain juga akan melakukan patroli wilayah, petugas UKL ini juga bisa melakukan tugas patroli dialogis ke titik titik lokasi tertentu, seandainya terjadi sebuah peristiwa di lapangan dimana dibutuhkan petugas kepolisian, jelasnya.

Jajaran Polres Solok, katanya, juga tetap melaksanakan Operasi Cipta Kondisi multi sasaran, di sejumlah titik lokasi yang dianggap rawan terjadinya tindak gangguan kriminal dengan sasaran premanisme, nakrotika, senjata api dan senjata tajam.

"Semua itu dilakukan jajaran Polres Solok dalam rangka memberi rasa aman dan nyaman kepada masyarakat yang akan merayakan Lebaran di kampung halaman," katanya.

"Yang jelas jajaran Polres Solok selaku Bhayangkara Negara, senantiasa siap sedia mendedikasikan diri menjadi pelayan, pelindung dan pengayom masyarakat dalam rangka terciptanya situasi Kamtibmas yang kondusif di tengah-tengah masyarakat," imbuhnya.

Ketua Forum Wali Nagari Kabupaten Solok Syamsul Azwar didampingi Sekretaris Arnold Piliang merespon positif rangkaian kegiatan dan persiapan pengamanan Lebaran yang digelar Polres Solok.

Karena, kata Syamsul Azwar yang juga Wali Nagari Batang Barus dan Arnold Piliang Wali Nagari Gantung Ciri ini, pengerahan pasukan pengamanan Lebaran oleh Polres Solok itu membawa dampak positif yang signifikan, sebagai langkah meminimalisasi terjadinya tindak gangguan kriminalitas oleh para penjahat di daerah itu.

"Kami Forum Wali Nagari Kabupaten Solok memberi apresiasi kepada Kapolres Solok beserta jajarannya," katanya. (cpw1)