Polres Pasaman Barat Siapkan 300 Personil Lebaran

id Polres Pasaman Barat

Simpang Ampek, (Antara) - Kepolisian Resor (Polres) Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) siapkan 300 personil untuk pengamanan Idul Fitri 1436 Hijriah.

"Kami sudah membuat perencanaan untuk pengamanan lebaran dengan menurunkan sekitar 300 personil. Mereka nantinya akan disebar di sektor rawan kecelakaan dan daerah wisata,"kata Kepala Polres Pasaman Barat, AKBP Toto Fajar Prasetyo di Simpang Ampek, Jumat.

Ia mengatakan saat ini pihaknya sedang melakukan koordinasi dengan instansi terkait untuk pengamanan lebaran nanti.

"Pengamanan lebaran juga melibatkan Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Perhubungan, TNI dan instansi terkait lainnya,"ujarnya.

Ia menyebutkan personil yang disiapkan itu akan ditempatkan di posko pengamanan yang akan dibentuk nantinya. Serta posko pemantau di daerah objek wisata pantai Sasak dan pantai Air Bangis.

Ia mengimbau kepada para pemudik agar meningkatkan kewaspadaan selama perayaan Idul Fitri 1436 hijriah. Patuhi rambu-rambu lalu-lintas dan jangan kebut-kebutan.

"Mari bersama-sama menjaga perayaan lebaran. Jangan ada kebut-kebutan dan jangan ada minuman keras,"katanya.

Ia juga mengharapkan kepada masyarakat jika ingin meninggalkan rumah saat lebaran pastikan rumah dalam keadaan terkunci.

"Jika kita lengah maka rumah kita bisa kemalingan. Untuk itu harus tetap waspada,"harapnya.

Ia menjelaskan pihaknya terus berkoordinasi dengan dinas perhubungan, pemadam kebakaran, satuan polisi pamong praja, dinas pekerjaan umum dan dinas penanggulangan bencana daerah.

Selain itu posko pemantau daerah wisata juga penting karena saat Idul Fitri kunjungan ke lokasi tersebut akan padat dikunjungi warga.

"Posko yang kita buat hendaknya bisa memberikan rasa aman bagi warga. Juga hendaknya bisa membuat pelaku kejahatan merasa takut,"harapnya.

Posko itu akan dimulai sejak H-7 hingga H+7 lebaran. Selain itu, pihaknya pihaknya juga akan melakukan pemantauan dan pengawasan terhadap sejumlah lokasi yang diperkirakan akan menjadi titik pemberangkatan pemudik. (*)