AFD Undur Pelaksanaan LFN Tingkat Sumbar

id AFD Undur Pelaksanaan LFN

Padang, (Antara) - Asosiasi Futsal Daerah (AFD) Sumatera Barat (Sumbar), memutuskan mengundur jadwal pelaksanaan Liga Futsal Nasional (LFN) tingkat Sumbar menjadi September 2015.

Ketua Umum AFD Sumbar, Yasman Yanusar di Padang, Jumat, mengatakan diundurnya pelaksanaan LFN tingkat Sumbar yang semula dijadwalkan usai lebaran ini menjadi September 2015 terkait dengan persiapan dan kegiatan lainnya.

"Kami ingin memberikan banyak waktu bagi setiap tim dalam mempersiapkan segala sesuatunya agar kedepan ajang itu berjalan lancar," katanya.

Selain itu, katanya, final tingkat nasional yang dijadwalkan berlangsung pada Oktober juga menjadi pertimbangan AFD Sumbar untuk mengundur jadwal di tingkat Sumbar.

"Pertimbangannya, jika digelar September 2015, kami tidak terlalu lama menunggu final tingkat nasional," katanya.

Yasman menambahkan, faktor lain terkait pengunduran jadwal tersebut yakni, berbenturannya program kerja futsal Sumbar untuk PON 2106 di Jawa Barat.

Ia mengatakan, LFN merupakan agenda wajib yang harus dilaksanakan masing-masing AFD. Asosiasi Futsal Indonesia (AFI) menetapkan enam tingkatan yang dipertandingkan di LFN.

Namun pada tahun ini AFD Sumbar katanya, hanya mempertandingkan tiga tingkatan pada LFN tingkat Sumbar, yaitu LFN antar klub U-23, antar klub putri U-21 dan antar kabupaten/kota U-19 putra.

Ia menambahkan, sejauh ini klub yang sudah mendaftar untuk LFN berjumlah 20 tim, namun lima diantaranya belum melakukan registrasi ulang.

Menanggapi hal tersebut, anggota Executif Commitee (Exco) AFD Sumbar, Iftahudin menyarankan AFD Sumbar untuk segera melakukan sosialisasi dan bekerjasama dengan pihak lain.

"Ini bertujuan agar pelaksanaan LFN berjalan dengan baik dan banyak diikuti oleh peserta dari daerah," katanya.(*)