Tim Sumbar Ikuti Dua Turnamen Jelang PON

id Jelang PON

Padang, (Antara) - Tim futsal Sumatera Barat (Sumbar), akan mengikuti dua turnamen resmi sebagai persiapan menjelang turun pada Pekan Olahraga Nasional (PON) 2016 di Jawa Barat.

Ketua Umum Asosiasi Futsal Daerah (AFD) Sumbar, Yasman Yanusar di Padang, Jumat, menyebutkan dua turnamen tersebut yakni Piala Emas Futsal Indonesia (PEFI) di Jakarta dan Gato Cup di Kota Bandung.

"Mengikuti dua turnamen tersebut merupakan bagian dari persiapan dan pematangan tim untuk PON 2016," ujarnya.

Ia mengatakan, tim futsal Sumbar sebagai peraih medali emas pada PON 2012 di Riau, berhak lolos langsung tanpa menjalani babak kualifikasi.

Hal itu juga yang menjadi penilaian manajemen, agar skuad futsal Sumbar turun di dua turnamen yang dijadwalkan berlangsung pada Agustus 2015.

Ia mengatakan, saat ini tim futsal Sumbar masih berkekuatan sebanyak 16 pemain. Pemain tersebut merupakan hasil seleksi yang dilakukan beberapa waktu lalu.

Ia mengungkapkan, untuk PON 2016 pemain yang akan didaftarkan hanya berjumlah 12 pemain.

"Artinya akan ada pengurangan empat pemain yang didasarkan pada persiapan itu," katanya.

Untuk itu tambahnya, setiap pemaian harus mampu menunjukkan totalitas dan kemampuan terbaiknya dalam setiap turnamen dan pada masa persiapan tim.

Sementara itu, Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumbar, Syahrial Bakhtiar mengatakan program persiapan yang dilakukan AFD Sumbar sangat baik dan itu akan memberikan dampak positif terhadap tim.

"Kami optimistis, tim Sumbar akan mampu mempertahankan medali emas pada PON 2016," katanya. (*)