Pariaman Peringati Hari Lanjut Usia Nasional

id Peringati Hari Lanjut Usia Nasional

Pariaman, (Antara) - Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat, (Sumbar) memperingati Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) tingkat Kota Pariaman 2015.

Dalam sambutannya Wali Kota Pariaman, Mukhlis Rahman menyebutkan perlu untuk memperhatikan serta meningkatkan kesadaran oleh setiap masyarakat, terutama anggota keluarga dalam membina dan memperhatikan para anggota keluarganya yang sudah Lanjut Usia (Lansia).

"Untuk meningkatkan kesadaran para lansia dan membina serta memperhatikan kesehatannya, baik dari pola makan dan olahraga, serta meningkatkan kemampuan dan mutu pelayanan kesehatan dan peran keluarga dan masyarakat dalam menghayati dan mengatasi kesehatan para lansia, maka juga diperlukan peran pemerintah dan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait," kata Mukhlis Rahman di Pariaman, Sabtu.

Ia mengatakan, para lansia perlu diperhatikan kesehatannya, karena mereka memiliki berbagai keterbatasan untuk menjalankan berbagai aktivitas kesehariannya.

"Kita secara bersama harus tetap membimbing para lansia, karena itu merupakan kewajiban kita semua. Hal tersebut harus kita terapkan dalam keseharian," ujarnya.

Dengan memberikan perhatian lebih dan pengawasan terhadap para lansia maka para lansia tidak akan lagi merasa kesepian setiap harinya. Selain itu, juga perlu dilakukan kemandirian bagi lansia dalam hal-hal tertentu agar terbiasa dengan kemandirian.

"Dengan semakin tingginya kemandirian para lansia maka kebahagiaan akan dapat terwujud, jangan hanya menangisi atau merasa sedih terhadap apa yang terjadi atau perilaku yang tidak diharapkan dari lansia," jelasnya.

"Kesehatan itu lebih utama dari materi, apabila orang hanya berpedoman pada materi maka hidupnya tidak akan bahagia, karena hanya akan selalu merasa kekurangan, tetapi kalau kita bisa berbahagia dan bergembira dengan apa yang kita miliki serta menjalani pola hidup sehat, maka ketika sudah lansia kita akan dapat menjadi lebih mandiri dan berbahagia di hari tua nanti," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pariaman, Yutriadi Rivai mengatakan diadakannya kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan dan mutu kehidupan lanjut usia untuk mencapai masa tua yang bahagia, dan berdaya guna dalam kehidupan keluarga dan masyarakat sesuai dengan keberadaannya.

Dinkes juga mengadakan kunjungan lansia terlantar di daerah itu serta mengadakan lomba kreativitas lansia antar-Puskesmas yang dilaksanakan pada 25 Mei 2015, serta puncaknya pada peringatan HLUN tingkat Kota Pariaman di Pantai Gandoriah.

Di akhir acara, Wako Pariaman menyerahkan hadiah berupa tropi dan piagam serta bingkisan kepada puskesmas yang berprestasi pada lomba kreativitas lansia. (rel)