BNNP: Jadikan Rehabilitasi Sebagai Masa Pertobatan

id Bnnp, narkoba, rehabilitasi

Padang, (Antara) - Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumatera Barat (Sumbar) Kombes Pol Arnowo mengajak peserta rehabilitasi yang dilaksanakan BNN sebagai masa pertobatan.

"Jadikan masa rehabilitasi sebagai masa pertobatan untuk tidak kembali menyalahgunakan narkoba," katanya dalam sambutan pada pembukaan pelaksanaan rehabilitasi oleh BNN bagi WBP penyalahgunaan narkoba di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas II a Padang, Senin.

Ia mengatakan banyak kerugian yang dialami oleh korban penyalahgunaan narkoba baik itu kerugian materi, fisik dan psikologi.

"Tanamkan keinginan untuk tidak kembali meyalahgunakan narkoba, dan ingat kita punya masa depan," katanya.

Ia Mengatakan, pihaknya akan merehabilitasi 30 orang warga binaan Lapas Kelas II a Padang yang terbukti positif menggunakan narkoba.

"Tahap pertama akan direhabilitasi 30 orang, dan tahap kedua juga 30 orang," katanya.

Ia mengatakan, karena keterbatasan jumlah kamar di Lapas Muara Padang, sehingga hanya memungkinkan untuk merehabilitasi sebanyak 30 orang korban narkoba.

Ia juga mengatakan sesuai rencana ada 120 warga binaan yang positif pengguna narkoba akan direhabilitasi di lapas itu dan dilaksanakan dalam beberapa tahap.

Ia mengimbau para peserta untuk bersungguh-sungguh mengikuti kegiatan rehabilitasi, karena ini merupakan salah satu upaya untuk melepaskan mereka dari jeratan narkoba.

"Jangan menyesal di akhir, menyesalah sekarang karena itu lebih baik, dan mengapa kita harus menunggu kerugian yang lebih besar akibat narkoba," katanya.

Ia berpesan kepada peserta rehabilitasi untuk mengikuti program pasca-rehabilitasi setelah program rehabilitasi selesai.

"Setelah program rehabilitasi selesai akan ada program pasca-rehab di sana akan diajarkan keahlian-keahlian, guna mempersiapkan masa depan setelah bebas dari Lapas," katanya.

Robi (35), salah seorang peserta rehabilitasi mengatakan, ia akan bersungguh-sungguh mengikuti proses rehabilitasi ini.

"Jujur saya menyesal karena telah menjadi pecandu, dan saya akan bersungguh-sungguh mengikuti rehab agar saya bisa melepaskan diri dari narkoba," katanya. (cpw10)