Persiapan Festival Pesisir Hampir Rampung

id Pariaman, Festival, Pesisir

Pariaman, (Antara) - Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat, menyebutkan persiapan pagelaran Festival Pesisir yang akan digelar pada 27 hingga 31 Mei 2015 sudah hampir selesai.

"Persiapan sudah bisa dikatakan 90 persen rampung untuk acara pembukaan," kata Kepala Bidang (Kabid) Pemasaran dan Kerja Sama Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Pariaman Zahirma di Pariaman, Senin.

Ia menyebutkan, acara tersebut nantinya akan berlangsung selama lima hari terhitung dari hari pembukaan yang diawali dengan lomba kuliner sate, lomba silat tradisional, lomba "maelo pukek" atau menarik pukat, lomba memasak serba ikan, lomba lagu Minang, lomba selaju sampan, lomba layang-layang, dan ditutup dengan pengumunan pemenang lomba foto bawah laut.

"Ada berbagai macam acara yang akan kami laksanakan pada Festival Pesisir, salah satu acara tersebut kami mengadakan lomba memasak sala dengan pemecahan rekor Muri Indonesia sebanyak 90.000 buah sala," kata dia.

Ia mengatakan, setiap peserta akan memasak 300 buah sala yang akan diikuti oleh 300 peserta.

"Lomba memasak sala ini akan diikuti para peserta ibu-ibu PKK dan masyarakat umum. Dimana nantinya kami akan membuat pengakuan oleh MURI bahwa sala merupakan makanan khas Pariaman," jelasnya.

Ia mengatakan, sebelumnya telah digelar lomba foto bawah laut pada 22-23 Mei yang diikuti oleh delapan peserta dengan lokasi Pulau Kasiak dan Pulau Ujuang.

Juri sendiri didatangkan langsung dari Jakarta dan Sumbar, seperti Mabruri Tanjung, Iggoy el Fitra, dan Wakil Wali Kota setempat, Genius Umar merupakan tiga juri yang menilai hasil foto peserta.

Ia menyebutkan, pada acara tersebut juga dilakukan bazar dan pameran hasil karya "anak nagari" berupa cinderamata asli kota itu, dan juga hasil produktivitas BUMS dan BUMD setempat.

Ia mengatakan, dalam festival tersebut peserta tidak dimintai biaya terkecuali lomba lagu Minang sebesar Rp50.000 dan lomba layang-layang Rp20.000.

"Acara ini diperkirakan memakan dana hingga Rp800 juta dan menggunakan APBD setempat. Total hadiah yang kami berikan berjumlah Rp225 juta," jelasnya.

Ia mengatakan, rencananya acara tersebut akan dibuka secara langsung oleh Ketua Persatuan Keluarga Daerah Piaman (PKDP) Muslim Kasim. (cpw11)