Kemensos Salurkan Rp2,3 Miliar untuk Pengungsi Rohingya

id Kemensos, Bantu, Imigran

Kemensos Salurkan Rp2,3 Miliar untuk Pengungsi Rohingya

Sejumlah imigran etnis Rohingya, Myanmar dan Bangladesh bermain di lokasi penampungan Imigrasi kelas I khusus Medan, Sumatera Utara, Sabtu (23/5). Untuk mengisi waktu para imigran etnis Rohingya, Myanmar dan Bangladesh, bermain dan belajar membaca di lokasi tersebut. ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi/ed/nz/15

Langsa, (Antara) - Kementerian Sosial menyalurkan bantuan senilai lebih dari Rp2,3 miliar untuk penanganan pengungsi Rohingya yang saat ini ditampung di empat titik di Provinsi Aceh.

"Bantuan tersebut kita saluran dalam bentuk barang," kata Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam Kemensos Margowiyono di Kota Langsa, Minggu.

Margowiyono menjelaskan, bantuan untuk Kabupaten Aceh Timur sebanyak Rp611 juta berupa tenda gulung, matras, family kit, kids ware, makanan dan selimut.

Bantuan tersebut dikirim dari gudang regional Palembang, gudang pusat Bekasi, dan gudang Sumatera Utara.

Untuk Kabupaten Aceh Tamiang bantuan disalurkan sebanyak Rp171 juta dengan komponen yang sama yang diberangkatkan dari gudang regional Palembang, dan gudang pusat Bekasi.

Bantuan untuk Kota Langsa senilai Rp609 juta dari gudang regional Palembang, gudang pusat Bekasi. Untuk Aceh Utara senilai Rp931 juta dari gudang regional Palembang dan gudang pusat Bekasi.

Berdasarkan data jumlah pengungsi Rohingya dan Bangladesh berjumlah 1.759 jiwa di empat titik tersebut dengan rincian sebanyak 564 jiwa di Punteut, Kecamatan Blang Mangat, Kota Lhokseumawe.

Sebanyak 672 jiwa ditampung di Pelabuhan Kuala Langsa, Kota Langsa, 476 jiwa di Bireun Bayeun, Kecamatan Rantau Selamat, Kabupaten Aceh Timur, dan sebanyak 47 jiwa di gedung milik pemda Kabupaten Aceh Tamiang.

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa melakukan kunjungan kerja untuk melihat langsung kondisi pengungsi Rohingya di Kota Langsa dan Kabupaten Aceh Timur dan akan menyerahkan bantuan. (*)