Hiu Paus Ditemukan Tak Utuh di Padangpariaman

id Padangpariaman, Hiu, Paus, Ditemukan, Tak, Utuh

Pariaman, (Antara) - Seekor hiu paus ditemukan mati di daerah Pantai Air Manis, Kabupaten Padanggariaman, Sumatera Barat, dalam kondisi beberapa bagian tubuh yang sudah hilang.

"Ketika ditemukan oleh masyarakat sekitar pantai, kondisi tubuh hiu tersebut sudah tidak utuh lagi, bagian sirip dan perut yang sudah berserakan," kata tokoh masyarakat setempat, Muhammad Nur di Padangpariaman, Rabu.

Ia menyebutkan, hiu paus tersebut terdampar sekitar pukul 18.30 WIB, yang ditemukan oleh anak-anak setempat dan langsung melaporkanya pada masyarakat sekitar.

Ia menambahkan, saat ditemukan kondisi ikan tersebut sudah mulai menimbulkan bau busuk. Selain itu, bagian sirip ikan juga telah diambil oleh orang tidak dikenal diduga mengambil minyak ikan tersebut.

Ia menyebutkan, masyarakat sekitar sempat berniat untuk membuka jalur Muara yang ada disana yang diarahkan ke laut guna membawa bangkai ikan itu ke laut agar tidak menimbulkan penyakit dan bau yang tidak sedap.

"Kemarin, kami bersama warga setempat juga telah melakukan upaya untuk membawa bangkai ikan itu ke laut dengan membuka arus muara ke laut yang bertujuan agar hiu tersebut mengarah ke laut namun upaya kita gagal," katanya.

Ia mengatakan, sejak hiu itu terdampar Selasa (19/5) sampai kini belum belum ada upaya evakuasi oleh pihak terkait sehingga sedikit mengganggu penciuman masyarakat tepi pantai itu.

Sejak kurun waktu 1973, katanya, sudah tiga kali hal serupa terjadi di daerah itu. Namun menurutnya, kejadian tersebut wajar yang diduga karena kondisi lautan yang tidak bisa diperkirakan.

Hiu paus berukuran 10 meter lebih dengan berat diperkirakan mencapai 2 ton tersebut saat ini dijadikan tontonan masyarakat setempat.

Ia berharap pemerintah setempat segera mengambil tindakan sehingga tidak menimbulkan keresahan warga di daerah itu karena bau busuk bangkai ikan itu. (cpw11)